Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Team Asissted Individualization (TAI) Terhadap Keterampilan Menyimak Pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar

Authors

  • Mijahamuddin Alwi Universitas Hamzanwadi
  • Husnul Mukti Universitas Hamzanwadi
  • Ida Bagus Putrayasa PGSD UNDIKSHA
  • I Nyoman Sudiana UNDIKSHA

DOI:

https://doi.org/10.29408/goldenage.v6i2.7608

Keywords:

Model Pembelajaran, Team Assisted Individualization (TAI), Keterampilan Menyimak.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI). Jenis penelitian ini adalah penelitian pra eksperimen dengan jenis desain one group pretest posttest design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SDN 2 Janapria sebanyak 20 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa saat Pretest yang tuntas secara individual dari 20 siswa hanya 4 murid atau 20% yang memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM). Secara klasikal rata-rata diperoleh sebesar 59,9% berada pada kategori rendah. Sedangkan posttest dimana dari 20 siswa terdapat 14 siswa atau 70% telah memenuhi KKM dan secara klasikal nilai rata-rata sebesar 76,3% kategori tinggi. Perolehehan dari hasil analisis statistik inferensial dengan menggunakan rumus uji t dengan jumlah t hitung 10,08 yang lebih besar daripada > t tabel = 2,093. Berdasarkan data disimpulkan bahwa model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) berpengaruh terhadap keterampilan menyimak siswa kelas II SDN Janapria Tahun Ajaran 2022/2023.

References

Agustini, B. (2018). Peran guru dalam pengelolaan pembelajaran. Jurnal Ilmiah Iqra’, 12 (2), 106-124, http://dx.doi.org/10.30984/jii.v12i2.897

Elly, M. (2015). Peran guru sebagai motivator dalam belajar. TADBIR: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 173-187

Hamdani, Ummu, K., & Sri, R. (2022). Pengaruh motivasi belajar terhadap keterampilan menyimak siswa kelas V SD negeri no, 59 panyangkalang kabupaten takalar. Nusantara Hasanah Journal, 2(4), 117-125

Hasrian, R. S., Widya, M., & Danny, A. (2019). Peningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMP Rahmat Islamiyah Medan. Jurnal Islam Multiperspektif, 4-2, 942-955

Laia, A. (2020). Menyimak Efeketif. Penerbit Lutfi Gilang.

Putri, D., & Elvina. (2019). Keterampilan Berbahasa di Sekolah Dasar. Qiara Media.

Ryan, E. E. (2018). Penerapan meterampilan menyimak berbasis karakter melalui film animasi pada pembelajaran bahasa Indonesia di Kelas 3A SD Al Husna Kota Madiun masa pandemi covid-19. SYNTAX LITERASI: Jurnal Ilmiah Indonesia, 6 (8), 4066-4083, http://dx.doi.org/10.36418/syntax-literate.v6i8.3878

Samsu, S. (2017). Metode Penelitian, Teori dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mixed Methods serta Research dan Development. Pusaka Jambi.

Susan, C. N., Ziko, F., & Armi, Y. (2022). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization terhadap hasil belajar IPA kelas IV SD negeri 2 Rantau Bingin. Journal Science and Edcucation, 1(1), 95-107

Tarigan, H. G. (2017). Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. CV Angkasa.

Triadi, R. B., & Pujianti, T. (2017). Kesulitan menyimak dalam pembelajaran bahasa indonesia. LITERASI: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah, 7(1) 42-43. https://doi.org/10.23969/literasi.v7i1.277

Ujiati, C. (2018). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika, Jurnal Cakrawala Pendas, 4(1), 1-14, http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v4i1.707

Umi, K., Nurulita, I., & Ihtiari, P. (2022). Implementasi aplikasi kontrol progressproyek untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan kolaborasi, Indonesian Journal of Engineering and Technology (INAJET), 4(2), 50-55, https://doi.org/10.26740/inajet.v4n2.p50-55

Yulianah, P. (2017). Problematika keterampilan menyimak dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Sasatranesia, 5(3), 45-52

Zaenal, A. (2020). Metodologi penelitian pendidikan. Jurnal Al-hikmah Way Kanan, 1(1), 1-5

Downloads

Published

2023-01-03