Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Berbasis Pengalaman (Experiental Learning) Pada Siswa Kelas II

Authors

  • Zohrani Zohrani Universitas Hamzanwadi
  • Rohini Rohini
  • rohini rohini
  • Zalia Muspita
  • abdullah Abdullah
  • Hadiatul Rodiyah

DOI:

https://doi.org/10.29408/goldenage.v6i2.8661

Keywords:

Peningkatans, hasil belajar, Model Pembelajaran Berbasis Pengalaman

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Setiap siklus dilaksanakan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi, dan evaluasi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dan tes. Analisis dilakukan melalui teknik deskriptif  kuantitatif. Jumlah siswa yang mencapai nilai ≥ 70  adalah 96 %. Perolehan daya serap tersebut melebihi standar minimal (85%) sebagai kriteria keberhasilan tindakan yang ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar Siswa kelas II Tema 2 Sub Tema 1 SDN 5 Selong Kabupaten Lombok Timur dengan menggunakan model pembelajaran berbasis pengalaman (Experiental Learning) hasilnya sangat baik. Hal tersebut terlaksana pada pertemuan pertama dari 25 orang siswa, nilai rata rata mencapai 65, meningkat menjadi  72, dan pada siklus akhir mencapai 82. Daya serap ketuntasan belajar mencapai  64 %, meningkat menjadi 80 %, dan pada siklus akhir mencapai 96 %. Penerapan pembelajaran melalui Model pembelajaran berbasis pengalaman (Experiental Learning ) berpengaruh positif, yaitu dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.  

References

Arikunto, S. (2002). prosedur penetilian suatu pendekatan praktik. jakarta: rineka cipta.

arikunto, s. (2008). penelitian tindakan kelas. jakarta: bumi aksara.

bahri, D. (2002). Psikologi belajar. jakarta: rineka cipta.

Dimyanti@Mudjiono. (1994). belajar dan pembelajaran. jakarta: proyek pembinaan dan peningkatan mutu tenaga kependidikan Depdikbud.

Dimyanti@Mudjiono. (2002). Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

E, M. (2005). menjadi guru profesional: menciptaan pembelajaran kreatif dan menyenangkan. bandung : remaja rosdakarya.

hamalik, o. (2005). proses belajar mengajar. jakarta: PT Bumi aksara.

R@Ismono, M. I. (2000). pembelajaran koopertaif. surabaya: unesa press.

RI, d. (2004). undang-undang no 20 tentang sistem pendidikan nasional (SISDIKNAS). jakarta: Depdiknas.

RI, D. (2006). Kurikulum 2006. jakarta: Depdiknas.

S, N. (2001). berbagai pendekatan dalam proses belajar mengajar. jakarta : ina aksara.

slameto. (1995). belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. jakarta: rineka cipta.

sudjana, n. (2001). penilaian hasil proses belajar mengajar. bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2022-12-31