Dampak Pengembangan Pariwisata Terhadap Perekonomian Masyarakat Lokal di Desa Tanjung Luar Lombok Timur

Authors

  • Harisun Makwa Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.29408/jhm.v5i2.3717

Keywords:

Pariwisata, Dampak, Pengembangan, Masyarakat

Abstract

Pariwisata adalah salah satu kegiatan pembangunan dengan prospek pertumbuhan yang tinggi. Pengaruh positif dari pengembangan pariwisata terhadap perubahan ekonomi masyarakat, terutama matapencahariannya. Pariwisata memberikan kesempatan pada perubahan matapencaharian masyarakat yang semakin luas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis dampak pengembangan pariwisata Pantai Tanjung Luar. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah obserpasi, wawancara dan dokumentasi. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembang anpantai Tanjung Luar ber dampak kepada kehidupan masyarakat sekitar. Banyaknya pengunjung yang datang mengakibatkan perputaran arus uang di desa Tanjung Luar, sehingga pendapatan masyarakat yang bekerja di sektor pariwisata meningkat. Salah satu dampak dari pengembangan pariwisata di Desa Tanjung Luar ini adalah dilihat dari pendapatan masyarakat yang sebelumnya ternyata semakin banyak khususunya di sekitaran sektor pariwisata.

References

Arjana, I. (2015) Geografi pariwisata dan ekonomikreatip Depok: Pustaka Pelajar

Febrina, R. P., Suharyono, S., & Wi Endang NP, M. G. (2017). Dampak pengembangan objek wisata Ndayung rafting terhadap sosial budaya dan ekonomi masyarakat (studi pada masyarakat desa Gubugklakah Kec. Poncokusumo Kab. Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 45(1), 179-187.

Kurniawan, W. (2015). Dampak Sosial Ekonomi Pembangunan Pariwisata Umbul Sidomukti Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang. Economics Development Analysis Journal, 4(4), 443-451.

Moleong Lexy, J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nugroho, I. (2015) ekowisata dan pembangunan berkelanjutan Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Pitana & Gayatri. (2005). Sosioolgi Pariwisata. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Rusdi, (2016). Dampak pengembangan wisata bahari pantai toronipa terhadap prekonomian masyarakat dikelurahan kecamatan soronipa kabupaten konawe.

Rusdin, (2016). Dampak Pengembangan Wisata Bahari Pantai Toronipa Terhadap Perekonomian Masyarakat di Kelurahan Toronipa Kecamatan Soropia Kabupaten Konawe, Skripsi Kendari: Universitas Halu Oleo.

Saputri, Elly Indri. (2018). Komunikasi Pariwisata Lombok Dalam Membangun Citra Destinasi Wisata Halal (Studi Deskriptif Kualitatif pada Dinas Pariwisata Provinsi NTB). Skripsi. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.

Sugiyono. (2016). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Wawan, (2015). Dampak sosial ekonomi pembangunan pariwisata umbul sidomukti kecamatan bandung kabupaten semarang semarang. www.cheria-travel.com (Diakses pada 13/05/2019).

Downloads

Published

2019-06-30