PENGARUH KONSELING GESTALT TERHADAP KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI SISWA KELAS XI SMA BIRRUL WALIDAIN NW RENSING

Muhammad Ripli

Sari


Abstrak

 

Konseling Gestalt merupakan pendekatan dalam konseling individu yang menekankan kesadaran disini dan sekarang dan bagaimana tingkah laku dan pada peran urusan yang tak selesai dari masa lampau yang menghambat kemampuan individu untuk bisa berfungsi secara efektif. Kemampuan berkomunikasi yang baik dan efektif sangat diperlukan oleh manusia agar dia dapat menjalani semua aktivitasnya dengan lancar. Masalah yang ingin dipecahkan dalam penelitian ini adalah Apakah Ada Pengaruh Konseling Gestalt Terhadap Kemampuan Berkomunikasi Pada Siswa Kelas XI SMA Birrul Walidain NW Rensing Tahun Pelajaran 2017/2018. Tujuan penelitian ini adalah ”Ingin Mengetahui Pengaruh Konseling Gestalt Terhadap Kemampuan Berkomunikasi Pada Siswa Kelas XI SMA Birrul Walidain NW Rensing”. Metode penentuan subyek penelitian menggunakan proportional random sampling. Adapun jumlah sampel dalam penelitian yaitu sebanyak 11 orang sesuai dengan angket pre-test yang telah diberikan. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu angket sebagai metode pokok, observasi dan dokumentasi sebagai metode pelengkap. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan menggunakan rumus t-test. Hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: ”Ada Pengaruh Konseling Gestalt Terhadap Kemampuan Berkomunikasi Pada Siswa Kelas XI SMA Birrul Walidain NW Rensing”. Hal ini terbukti dari hasil t hitung yang lebih besar dari t tabel (8,93 > 2,22), yang berarti hasil penelitian signifikan.

 



Kata Kunci


Kata Kunci: Konseling Gestal dan Kemampuan Berkomunikasi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, Suharsimi. 2013. Metode Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.Jakarta: Rineka Cipta.

Hikmawati, 2012. Bimbingan konseling. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Mardalis, 2009. Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Aneka Cipta.

Murwani, A &Istichomah. 2009. Komunikasi Untuk Terapeutik Panduan Bagi Perawat. Yogyakarta: Fitramaya.

Ratriningtyas Sisilia. 2014. Studi Kasus Penerapan Model Konseling Gestalt Untuk Menangani Siswa Traumatik kelas XI di MA Muallimin NW Gunung Rajak 2014/2015. Skripsi tidak di terbitkan.

Sugiyono. 2010. StatistikaUntukPenelitian.Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan (PendekatanKualitatif, Kuantitaitf dan R & D). Bandung: Alfabeta Bandung.

Suharsimi, A. 2006.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek (Edisirevisi VI). Jakarta: Rineka Cipta.

https://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/01/23/pendekatan-konseling-gestalt/diakses senin 27/12/2017 pukul 10:55




DOI: http://dx.doi.org/10.29408/jkp.v2i2.1101

Article Metrics

Sari view : 86 times
PDF - 47 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.