KONSTRIBUSI KEMAMPUAN PENYESUAIAN DIRI DAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH PADA SISWA SMA NW TEBABAN

I Dewa Putu

Sari


 

Abstrak

 

Konstribusi Kemampuan Penyesuaian Diri dan  Keterampilan  Berkomunikasi  Terhadap  Kemampuan  Memecahkan Masalah   Pada   Siswa   SMA   NW   Tebaban   Tahun   Pelajaran 2018/2019”.Penelitian   ini   bertujuan   untuk   mengetahui   Kemampuan Penyesuaian Diri dan Keterampilan Berkomunikasi Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Pada Siswa SMA NW Tebaban Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penelitian deskriptif digunakan untuk berupaya memecahkan atau menjawab permasalah yang sedang dihadapi pada situasi sekarang. Adapaun teknik yang digunakan dalam mengumpulakan data adalah melaluiobservasi dan penyebaran angket. Observasi ini di gunakan untuk mengetahui kegiatan konselor, danangket ini digunakan untuk mengetahui tingkat kemampuanpenyesuiandiri,dankemampuanmenyelesaikanmasalah siswa. Dapat dikatakan bahwa Kemampuan Penyesuaian  Diri  dan  Keterampilan  Berkomunikasi  efektif  Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Pada Siswa SMA NW Tebaban Tahun Pelajaran 2018/2019.

 


Kata Kunci


Konstribusi Kemampuan Penyesuaian Diri dan Keterampilan Berkomunikasi Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Arifin, Anwar.2003. Ilmu Komunikasi Sebuah Pengantar Ringkas. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada

Changara, Hafied. 2003. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta : Grafindo Persada.

Gustina.2015. Pengaruh Komunikasi Keluarga Terhagap Prestasi Belajar sosiolagi siswa kelas XI IPS SMAN I Utan Lombok Timur. Skripsi. STKIP HAMZANWADI SELONG. Tidak di Terbitkan

Hamidi. 2015. Upaya Meningkatkan Sikap Tanggung Jawab Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Terintegrasi Dengan Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas V SDN 03 Denggen.Skripsi.STKIP Hamzanwadi Selong.

Henry, Guntur . 2009. “Pengajaran Kompetensi Bahasa”. Penerbit : Angkasa Bandung.

Hurlock, Elizabeth B. 1998. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta : Erlangga.

Kriyanto,Rakhmat. 2009. Teknis Praktis Riset Komunikasi. Jakarta : Kancana

Prayitno dan Erman Amti. 1994. “ Dasar - Dasar Bimbingan Dan Konseling”. Jakarta Rineka Cipta. Rakhmat,Jaludin.2005.Psikologi Komunikasi.Bandung : Remaja Rosdakarya

Ridwan.2015. Kuantum Penelitian pendidikan (Edisi revisi). Perkembangan dari penelitian konvensional ke kuantum untuk menghasilkan temuan-temuan besar”. Modul. STKIP HAMZANWADI SELONG. Tidak di terbitkan.

Sedayanasa.1985. “Ketrampilan Komunikasi antar pr ibadi dan Kelompok”. Singaraja : Universitas Udayana

Sugiyono. 2009. “ Metode Penelitian Kuantitatif , Kualitatif dan R&D”. Bandung : Alfabeta

Suharsimi Arikunto.2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta .




DOI: http://dx.doi.org/10.29408/jkp.v2i2.1264

Article Metrics

Sari view : 66 times
PDF - 53 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.