PENGUATAN KARAKTER BERBAHASA PADA ANAK DI SDIT

Fitri Aulia, Roni Amrullah

Sari


Abstrak:

Bahasa merupakan salah satu aspek perkembangan yang mutlak dilalui oleh setiap anak. Kemampuan berbahasa memiliki pengaruh yang signifikan dalam pembentukan karakter. Di Indonesia, upaya untuk mensukseskan pendidikan karakter terus digalakkan. Salah satunya adalah program PPK (Peningkatan Pembentukan Karakter) yang dicanangkan oleh Kemendikbud di tahun ini. Kecerdasan berbahasa berhubungan dengan kemampuan merespon (innate). Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui karakter berbahasa di SDIT. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh, karakter positif yang dibentuk di SDIT Nurul Fikri Lombok Timur dapat dijumpai dalam berbagai aktivitas, seperti: (1) jadwal daily activity siswa dari kedatangan sampai kepulangan yang secara keseluruhan bernilai pengembangan karakter yang positif, (2) budaya untuk tidak memanggil dengan kata sapa “kamu”, (3) 3) budaya makan dan minum sambil duduk, (4) budaya sholat berjamaah, (5) budaya memberikan punishment terhadap siswa yang melanggar dengan pembangunan karakter yaitu membaca istigfar 33x.

 


Kata Kunci


Kata kunci: karakter, perkembangan bahasa anak.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Abdullah, Faisal, 2001, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan RD. Jakarta: Alfabeta

Agustina, Septia, (2013), Peran Sekolah Islam Terpadu Dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa (Study Kasus di SDIT Islam Terpadu Permata Bunda Gedung Meneng Rajabasa Bandar Lampung). Jurnal Kultur Demokrasi FKIP Unila. Vol. 1, No. 3 Tahun 2013.

alihfungsi.gtk.kemdikbud.go.id

Dardjowidjojo, Soenjono Echa, (2007), Kisah Pemerolehan Bahasa Anak Indonesia. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Dardjowidjojo, Soenjono, (2008), Psikolinguistik: Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Gulo. W. 2002. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Hamruni, (2009), Edutainment dalam Pendidikan Islam & Teori-Teori Pembelajaran Quantum, Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga.

Jonathan, Sarwono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu

kemedikbud.go.id

nasional.kompas.com

Nurbiana, Dhieni, dkk. (2008), Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.

Pantu, Ayuba, dkk, (2014), Pendidikan Karakter dan Bahasa, Jurnal Al-Ulum, Vol. 14, No. 1, Juni 2014. Hlm. 153.

Prayitno, (2007), Pelayanan Bimbingan dan Konseling Sekolah Dasar. Padang: PT Ikrar Mandiri Abadi.

Pusat Kurikulum dan Perbukuan DIKNAS, (2011), Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta: Kemdiknas.

Rokib, (2009), Ilmu Pendidikan Islam pendidikan integratif di sekolah, keluarga, dan masyarakat, Yogyakarta: LKIS.

Samsunuwiyati, Mar’at, (2007), Psikolinguistik: Suatu Pengantar. Bandung: PT Refika Aditama.

Subyakto, Sri Utari, (2008), Psikolinguistik: Suatu Pengantar. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.

Suyatno, (2013), Sekolah Islam Terpadu; Filsafat, Ideologi, dan Tren Baru Pendidikan Islam Indonesia, Jurnal Pendidikan Islam Vol. II, No. 2, Desember 2013. Hlm 370.

Suyatno, (2015), Sekolah Islam Terpadu Dalam Sistem Pendidikan Nasional. Jurnal Al-Qalam, vol. 21, No. 1 Juni 2015. Hlm. 6

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2007. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.29408/jkp.v2i2.1272

Article Metrics

Sari view : 29 times
PDF - 63 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.