Pengaruh Bimbingan Kelompok Untuk Mengurangi Kecemasan Berbicara Di Depan Kelas Pada Siswa Kelas X SMA NW Pancor Tahun Pelajaran 2018/2019

Authors

  • Hairunnisa Hairunnisa Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.29408/jkp.v2i2.2411

Keywords:

bimbingan kelompok mengurangi kecemasan berbicara di depan kelas.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok untuk mengurangi kecemasan berbicara di depan kelas pada siswa kelas x SMA NW Pancor tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain penelitian eksperimen pre-eksperimental dengan menggunakan one group pre-test post test design. Subjek penelitian ini adalah 12 orang siswa kelas X. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancra dan angket kecemasan berbicara di depan kelas dan dianalisis dengan menggunakan data kuantitatif berupa angka-angka yang diolah menggunakan statistik sederhana dan data kualitataif dideskripsikan dan diolah menggunakan analisis naratif. Hasil penelitian menunjukan bahwa data kondisi awal siswa sebelum di berikan bimbingan kelompok menggunakan wawancara dan angket kecemasan berbicara di depan kelas termasuk dalam kategori tinggi, dengan karakteristik 1) subyek cenderung memiliki rasa takut dan gugup untuk tampil berbicara di depan kelas, 2) sebagian anggota tubuh siswa gemetar saat akan berbicara di depan kelas, 3) subyek cenderung ingin menghindar ketika akan tampil berbicara di depan kelas, 4) subyek tidak bisa berbicara dengan lancara di depan kelas, 5) subyek sulit fokus atau berkonsenterasi saat akan tampil berbicara di depan kelas. Setelah siswa di berikan treatmen layanan bimbingan kelompok, terdapan perubahan penurunan tingkat kecemasan berbicara di depan kelas sedang kategori rendah dengan karakteristik 1) Subyek memiliki rasa keberanian ketika akan tampil berbicara di depan kelas, 2) sebagain anggota tubuh tidak lagi gemetaran saat tampil di depan kelas, 3) subyek tidak lagi menghindar saat akan berbicara di depan kelas, 4) subyek mulai lancar berbicara di depan kelas, 5) subyek bisa fokus dan bisa berkonsenterasi saat akan tempil berbicara di depan kelas. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada Pengaruh Bimbingan Kelompok Untuk Mengurangi Kecemasan Berbicara Di Depan Kelas Tahun Pelajaran 2018/2019.

Author Biography

Hairunnisa Hairunnisa, Universitas Hamzanwadi

Univ

References

Arikunto, S. 2007, Prosedur Penelitian . Jakarta: Rineka Cipta

Fahrozin Muh Dkk, Panduan Oprasional Penyelenggaraan Bimbingan Dan Konseling, jakarta: 2016

Naim Ngainun, Dasar-Dasar Komunikasi Pendidikan, Jogjakarta: Ar- Ruzz Media 2011.

Prayitno, 2012. Jenis Layanan Dan Kegiatan Pendukung Konseling, Padang: Fakultas Ilmu Pendidikan UNP

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Wilis, Sofyan S. 2004. Konseling Individu, Teori dan Praktek, Bandung: Alfabeta.

Wibowo, Mungin Eddy. 2005. Konseling Kelompok Perkembangan. Semarang: UPT UNNES PRESS.

Winkel, Dkk, 2012. Bimbingan dan konseling kelompok. Di Institusi Pendidikan Yogyakarta: Media Abadi.

Tarigan, Herny Guntur .2008. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Alex Sobur, 2003. Pisikologi Umum dalam Lintas Sejarah. Bandung: Pustaka Setia.

Downloads

Published

18-07-2020