Pengaruh Teknik Rebt Dengan Menggunakan Model Abcdef Untuk Mengatasi Rasa Rendah Diri Siswa Di MTS NW Tanak Maik Tahun Pelajaran. 2019/2020

Authors

  • Robiatul Adawiyah

DOI:

https://doi.org/10.29408/jkp.v3i2.2436

Keywords:

Rational Emotive Behavior Therapy (REBT), ABCDEF, Rasa Rendah Diri

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh teknik  REBT  dengan  menggunakan  model  ABCDEF untuk  mengatasi  rasa rendah diri siswa kelas VII di  MTs NW Tanak Maik Tahun Pembelajaran 2019/2020.  Jenis  penelitian  ini  menggunakan  metode  eksperimen  dengan desain subjek tunggal menggunakan desain (A-B). Dalam penelitian ini digunakan  satu  orang  siswa  yang  bermasalah  sebagai  sampel  yaitu  yang diambil dengan teknik purposive. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala. Analisis data dilakukan pada fase baseline (A) dan fase intervensi (B), dan menggunakan rumus eksperimen subjek tunggal dengan menghitung banyaknya data poin (skor) dalam setiap kondisi, banyaknya variabel terikat yang ingin diubah, tingkat stabilitas data dan perubahan level data dalam satu kondisi atau antar kondisi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh pemberian layanan pendekatan konseling pengaruh konseling REBT dengan menggunakan model ABCDEF untuk mengatasi rasa rendah diri siswa di MTs NW Tanak Maik

References

Ahmad & Karunia.2017. “pengaruh Teknik Biblio Edukasi Terhadap Rasa Rendah Diri Pada Kelas XI di SMA Negeri 8 Mataramâ€. Mataram: FIP IKIP Mataram.

Ainun, Khasanah.1999. “Bimbingan Konseling Agama Dalam Mengatasi Rasa Rendah Diriâ€. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Dakwah. Institut Agama Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya: Surabaya

Arikunto, Suharsimi. (1998). ManajemenPenelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta

Azwar, Saifuddin.2010. Metode Penelitian.Yogyakarta: PT Pustaka Pelajar Corey, Gerald. 2005. Teori dan Praktek Konseling & Psikoterapi. Bandung: PT Refika Aditama

Erford, Bradley T. 2017. 40 Teknik Yang Harus Diketahui Setiap Konselor. Yogyakarta: PT Pustaka Pelajar

Girang, Firdaus.2017. “Penggunaan Konseling Individu Rasional Emotif Behaviour Terapi Untuk Meningkatkan Konsep Diri Positif Peserta Didik Kelas IX SMPN 10 Bandar Lampungâ€. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Lampung

Prayitno & Amti, Erman. 2009. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta : PT Rineka cipta

Ridwan.2017. Modul Keterampilan Dasar Konseling: Universitas Hamzanwadi

Sondi, Silalahi.2018. “Konseling Rational Emotif Behaviour Therapy Dalam Mengembangkan kepercayaan Diri pada korban penyalahgunaan Napza di rehabilitas berbasis masyarakat mandiri Cirebon jawa baratâ€.Skripsi. Tidak

Diterbitkan. Fakultas Ilmu Pendidikan Dakwah dan Ilmu Komunikasi. UIN Syarif Hidayatullah: Jakarta

Sugiyono, (2010).MetodePenelitianPendidikan. Bandung: PT Alfabeta

Sukmadinata, Nana S. (2012). MetodePenelitianPendidikan. Bandung: PT RemajaRosdakarya

Sunanto,Takeuchi,Nakata.(2005). Pengantar Penelitian Dengan Subyek Tunggal.Tsukuba: Criced

Suryabrata, Sumadi. 2011. Psikologi Pendidikan, Jakarta: PT: Raja Grafindo Persada

Suryosubroto. (2010). Beberapa Aspek Dasar-dasar Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta

Tamwifi.2016. “Dampak Rendah Diri†(Online),

http://kampuspendidikan.blogspot.com. Download 14 Juni 2019

Downloads

Published

31-12-2019