Pengaruh konseling kelompok realitas untuk meningkatkan kemampuan mengontrol emosi pada siswa kelas VII MTs NW Tanak Maik tahun pelajaran 2019/2020

Authors

  • Wahida Fitri Atin wahida Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.29408/jkp.v3i2.2437

Keywords:

Konseling Kelompok Realitas, Kemampuan Mengontrol Emosi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konseling kelompok  Realitas untuk meningkatkan kemampuan mengontrol emosi pada siswa kelas VII MTs NW Tanak Maik Tahun Ajaran 2019/2020.  Penelitian ini menggunakan lima orang siswa tapi fokuskan kepada satu orang siswa yang memiliki masalah tidak mamapu mengontrol emosi yang diambil sebagai sampel. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain penelitian subjek tunggal dengan prosedur desain A-B. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala kemampuan mengontrol emosi. Data yang diproleh dari skala kemampuan mengontrol emosi kemudian dianalisis menggunakan rumus eksperimen subjek tunggal dengan menghitung banyak skor yang didapatkan pada fase baseline dan menghitung banyak skor yang didapatkan pada fase intervensi kemudia dipadukan antara kedua fase tersebut untuk mengetahui pengaruh sebelum dan sesudah diberikan perlakuan (konseling kelompok realitas untuk meningkatkan kemampuan mengontrol emosi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada fase baseline mendapatkan skor rata-rata (MI) 123,6, dan pada fase intervensi mendapatkan skor rata-rata 135,6. Sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh pemberian layanan konseling kelompok realitas untuk meningkatkan kemampuan mengontrol emosi pada siswa kelas VII MTs NW Tanak Maik  Tahun Pelajaran 2019/2020

References

Anonim,(2016) . http://penegertian komplit.blogspot.com/2016/02-pengertian pengendalain-emosi.html.di unduhHari Jum’at.10 April, 8:30 WITA.

Anonim,(2019).http://journal.uinbanten.ac,id/index.php/saintifikislamic/atricel/view/284.diunduh HariSelasa, 02 Mei,2019, 09:45 WITA.

Ali Mohammad,& Asrori Mohammad. (2010). Psikologi Remaja perkembangan perstadidik. Jakarta. PT BumiAskara.

Arikunto, Suharsimi.( 2006). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik.Jakarta RinekaCipta

Azwar saifuddin.(2010). Penyusun Skala Psikologi.Yokyakarta.penerbit Pustaka Pelajar.

Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.Jakarta.RinekaCipta.

Corey, Gerald. (2010). Teori dan Praktek Konseling Dan Psikoterapi.Penerjemah E. Koskawara. Bandung. Refika Aditama.

Purwanto.( 2010). Metodologi Penelitian Kuantitatif Untuk Psikologi Dan Pendidikan.Yokyakarata.PustakaPelajar.

Nurkancana, wayan.1986.Evaluasipendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Ridwan.( 2016). Penelitian Tindakan Bimbingan Dan Konseling Dengan Pendekatan Islami Dilengkapi dengan Latihan Membuat Proposal. Bandung. Alfabeta..

Sukmadinata,Nana S.(2012). Metode Penelitian Pendidikan.Bandung: Penerbit PTRemaja Rosdy.

Sugiyono, (2010).Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sobur, Alex .( 2013). Psikologi umum dalam lintasan sejarah.Bandung .CV PustakaSetia

Sugiyono. (2010). Metode P enelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.Bandung: Alpabeta.

Walgito, Bimo.(2010). Pengantar psikologi umum.Yokyakarta. CV Andi.

Sugiyono ( 2014). Statistika untuk penelitian. Bandung. Afabeta

Sobur, Alex .( 2013). Psikologi umum dalam lintasan sejarah.Bandung .CV PustakaSetia.

Sunanto,Takeuchi,Nakata.(2005).Pengantar Penelitian Dengan Subyek Tunggal. Tsukuba: Criced.

Yusuf Ln Syamsu.(2015). Psikologi Perkembangan anak dan remaja.Bandung. PT Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

31-12-2019