Konseling Behavioral Untuk Menangani Kebiasaan Minum-Minuman Keras Siswa SMP Di Lombok Timur

Fitri Aulia, Marfuatun Marfuatun, Dimmiyati Dimmiyati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konseling behavioral untuk menangani kebiasaan minum minuman keras pada siswa SMP. Penelitian ini menggunakan satu orang siswa yang memiliki tingkat kebiasaan minum minuman keras yang tinggi yang diambil sebagai sampel. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain penelitian subjek tunggal dengan prosedur desain A-B. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini mengunakan angket. Data yang diperoleh dari angket kemudian dianalisis menggunakan rumus eksperimen subjek tunggal dengan menghitung banyak sekor yang didapatkan pada fase baseline dan menghitung banyak sekor yang didapatkan pada fase intervensi kemudian dipadukan antara kedua fase tersebut untuk mengetahui pengaruh sebelum dan sesudah diberikan perlakuan (konseling individu). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada fase baseline mendapatkan sekor rat-rata 61% dan pada fase intervensi mendapatkan sekor rata-rata 44%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh pemberian layanan konseling individu dalam mengatasi kebiasaan minum minuman keras pada siswa.


Keywords


Konseling behavioral, kebiasaan minum minuman keras

Full Text:

PDF

References


Artini, Y., Suranata, K., & Dharsana, I. K. (2020). Efektivitas Konseling Behavioral Dengan Teknik Self Management Untuk Meningkatkan Self Achievment Siswa. Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia.

Azhar, D., Suranata, K., & Dharsana, I. K. (2020). Efektivitas Model Konseling Behavioral Pavlov dengan Teknik Classical Conditioning untuk Meningkatkan Self Achievement. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 10(2), 58-64.

Damayanti, R., & Aeni, T. (2016). Efektivitas konseling behavioral dengan teknik modeling untuk mengatasi perilaku agresif pada peserta didik kelas viii b smp negeri 07 bandar lampung. KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal), 3(1), 1-10.

Laila, I., Dharsana, I. K., & Suarni, N. K. (2020). Efektivitas Konseling Behavioral dengan Teknik Modeling untuk Meningkatkan Self Autonomy melalui Lesson Study. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 10(2), 87-91.

Lastrini, K., Tirka, I. W., & Dantes, N. (2020). Pengaruh Konseling Behavioral dengan Teknik Modeling Melalui Lesson Study terhadap Self Exhibition. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 10(1), 32-40.

Maulana, M. A., & Nugroho, P. W. (2019). Mengurangi Kenakalan Remaja Menggunakan Konseling Behavioral Pada Peserta Didik Di SMA. KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal), 6(1), 57-64.

Muslih, Y. N., Wibowo, M. E., & Purwanto, E. (2017). Konseling Behavioral menggunakan Teknik Kontrak Perilaku dengan Students’ Logbook untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling, 6(1), 34-43.

Nasir, A. (2018). Konseling Behavioral: Solusi Alternatif Mengatasi Bullying Anak Di Sekolah. Journal of Guidance and Counseling, 72.

Sarah, S., Gading, I. K., & Lestari, L. P. S. (2016). Efektivitas Konseling Behavioral Dengan Teknik Modeling Simbolik Dan Teknik Disensitisasi Sistematis Untuk Meningkatkan Efikasi Diri Akademik Siswa Kelas X Tata Kecantikan Smk Negeri 2 Singaraja Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 4(1).

Sukmayanti, N. P. A. I., Dantes, N., & Dharsana, I. K. (2018). Konseling Behavioral dengan Teknik Shaping melalui Setting Lesson Study untuk Meminimalisir Self Aggression. Jurnal Jurusan Bimbingan Konseling Undiksha, 9(2), 99-105.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.