Mengatasi Masalah Belajar Membaca Melalui Tutor di SD Negeri 2 Selong

Authors

  • Muhammad Deni Siregar BK universitas Hamzanwadi
  • I Dewa Putu Partha Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.29408/jkp.v4i1.2598

Keywords:

Permasalahan Belajar, tutor

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana mengatasi masalah pembelajaran membaca dengan menggunakan tutor di sekolah dasar, sedangkan metode yang digunakan adalah observasi biasa kemudian dianalisis secara deskriptif. Tantangan terbesar bangsa ini adalah kurangnya literasi siswa dalam membaca dengan cepat, karena hal tersebut disebabkan oleh teknologi yang membuat siswa semakin tidak memiliki minat dalam proses membaca. Penelitian tersebut memberikan soslusi kepada guru untuk melakukan bimbingan belajar pada siswa sekolah dasar dalam melaksanakan proses pembelajaran. Anak-anak akan dapat mencerna dengan cepat jika guru dapat menggunakan bimbingan belajar untuk meningkatkan keterampilan membaca anak-anak di sekolah dasar

References

Daulay, M. (2019). Bimbingan konseling Islam bagi perilaku menyimpang. FITRAH: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 8(1), 47–58.

Erita, W. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Macth Di Kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 18 Unggulan Palembang. KALPATARU Jurnal Sejarah Dan Pembelajaran Sejarah, 5(1), 10–18.

Hamidah, A., Sadikin, A., Sanjaya, M. E., Aina, M., & Natalia, D. (2019). Workshop Model Pembelajaran Biologi Bagi Guru-Guru MGMP di Kabupaten Tanjung Jabung Barat-Jambi-Indonesia. DEDIKASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 171–197.

Jaelani, A., Rahmani, F. M., & Irpan, A. (2019). Pos Pengembangan Dan Pemberdayaan Masyarakat (P3M) Desa Sukamaju. Abdi Dosen: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(3), 199–207.

Jaelani, J., Ramadhina, L., Pangestu, N. B., Purwasih, N., & Yulianti, R. (2020). Penerapan Pembelajaran Kelompok Melalui Teks Cerpen Dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman. PROCEEDINGS, 1(2).

Noviyanti, A., & Rizki, R. (2019). Perbandingan Siswa Les Dan Tidak Les Terhadap Prestasi Belajar Biologi Di SMA Negeri 8 Banda Aceh. Bionatural: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(1).

Rahayu, G. D. S., & Firmansyah, D. (2019). Pengembangan pembelajaran inovatif berbasis pendampingan bagi guru sekolah dasar. Abdimas Siliwangi, 1(1), 17–25.

Siregar, D. (2015). Kontribusi Kinerja Guru Dalam Mengelola Proses Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Kelas VII MTs Mu’allimin Nw Pancor (Studi Persepsi Para Siswa Kelas VII MTs Mu’allimin NW Pancor). Educatio, 10(2), 233–248.

Siregar, M. D. (2017). Pengaruh Pemberian Bimbingan Kelompok Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Pada Siswa SDN 2 Kelayu Jorong. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(2), 56–67.

Siregar, M. D. (2018). Mengentaskan Permasalahan dalam Pendidikan Sekolah Dasar Melalui Etika Guru. Jurnal Konseling Pendidikan, 1(1).

Siregar, M. D., & Dantes, N. (2013). Kontribusi Manajemen Kepala Sekolah, Kinerja Guru Dalam Mengelola Proses Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VII MTs Mu’allimin NW Pancor. Ganesha University of Education.

Siregar, M. D., & Yunitasari, D. (2018). Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri Dalam Peningkatan Kreativitas Belajar IPS Pada Siswa Sekolah Dasar. Educatio, 13(1), 68–83.

Siregar, M. D., & Yunitasari, D. (2019). Meningkatkan Membaca Menulis Melalui Teknik SAS Kelas 3 MI No. 1 Pancor Lombok Timur. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(1), 32–39.

Utami, N. B., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Application Of Problem Based Learning Learning Models To Improve Mathematical Learning Results And Critical Students. PIONIR: Jurnal Pendidikan, 8(1).

Zuhron, M. B. (2019). Pengaruh Bimbingan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Menghitung Luas Permukaan Dan Volume Kubus, Balok, Prisma, Dan Limas Di Kelas VIII MTs Negeri Ngantru.

Downloads

Published

01-07-2020