Pengaruh Teknik Rebt Dengan Menggunakan Model ABCDEF Untuk Mengatasi Rasa Rendah Diri Siswa

Authors

  • Nusuki Nusuki
  • Dewi Yulianti Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.29408/jkp.v4i1.2600

Keywords:

Rational Emotive Behavior Therapy (REBT), ABCDEF, Rasa Rendah Diri

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh teknik REBT dengan menggunakan model ABCDEF untuk mengatasi rasa rendah diri siswa kelas VII di MTs NW Tanak Maik Tahun Pembelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain subjek tunggal menggunakan desain (A-B). Dalam penelitian ini digunakan satu orang siswa yang bermasalah sebagai sampel yaitu yang diambil dengan teknik purposive. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala. Analisis data dilakukan pada fase baseline (A) dan fase intervensi (B), dan menggunakan rumus eksperimen subjek tunggal dengan menghitung banyaknya data poin (skor) dalam setiap kondisi, banyaknya variabel terikat yang ingin diubah, tingkat stabilitas data dan perubahan level data dalam satu kondisi atau antar kondisi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh pemberian layanan pendekatan konseling pengaruh konseling REBT dengan menggunakan model ABCDEF untuk mengatasi rasa rendah diri siswa di MTs NW Tanak Maik.

References

Ahmad & Karunia. (2017). “Pengaruh Teknik Biblio Edukasi Terhadap Rasa Rendah Diri Pada Kelas XI di SMA Negeri 8 Mataramâ€. Mataram: FIP IKIP Mataram.

Ainun, Khasanah.(1999). “Bimbingan Konseling Agama Dalam Mengatasi Rasa Rendah Diriâ€. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Dakwah. Institut Agama Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya: Surabaya

Arikunto, Suharsimi. (1998). Manajemen Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta

Azwar, Saifuddin.(2010). Metode Penelitian.Yogyakarta: PT Pustaka Pelajar

Corey, Gerald. (2005). Teori dan Praktek Konseling & Psikoterapi. Bandung: PT Refika Aditama

Erford, Bradley T. (2017). 40 Teknik Yang Harus Diketahui Setiap Konselor. Yogyakarta: PT Pustaka Pelajar

Enik Sartika, (2017). Konseling Rational Emotive Behaviour therapy (REBT) berbasis rasa syukur dalam meningkatkan konsep diri remaja, 2017/2018.

Girang, Firdaus. (2017). “Penggunaan Konseling Individu Rasional Emotif Behaviour Terapi Untuk Meningkatkan Konsep Diri Positif Peserta Didik Kelas IX SMPN 10 Bandar Lampungâ€. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Lampung

Prayitno & Amti, Erman. 2009. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta : PT Rineka cipta

Ridwan. (2017). Modul Keterampilan Dasar Konseling: Universitas Hamzanwadi

Sondi, Silalahi. (2018). “Konseling Rational Emotif Behaviour Therapy Dalam Mengembangkan kepercayaan Diri pada korban penyalahgunaan Napza di rehabilitas berbasis masyarakat mandiri Cirebon jawa baratâ€.Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Ilmu Pendidikan Dakwah dan Ilmu Komunikasi. UIN Syarif Hidayatullah: Jakarta

Sugiyono, (2010) Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Alfabeta

Sukmadinata, Nana S. (2012). MetodePenelitianPendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sunanto,Takeuchi,Nakata.(2005). Pengantar Penelitian Dengan Subyek Tunggal.Tsukuba: Criced

Suryabrata, Sumadi. (2011). Psikologi Pendidikan, Jakarta: PT: Raja Grafindo Persada

Suryosubroto. (2010). Beberapa Aspek Dasar-dasar Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta

Siska Wiyasa Oktora, (2017). Peningkatan Percaya Diri Dalam Belajar Menggunakan Konseling Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) Studi Kasus Siswa Kelas X SMA 15 Negeri Bandar Lampung Tahun 2017/2018.

Tamwifi. (2016). “Dampak Rendah Diri†(Online),

http://kampuspendidikan.blogspot.com. Download 14 Juni 2019

Published

01-07-2020