BIMBINGAN KLASIKAL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN RESIKO PERNIKAHAN DINI REMAJA

Authors

  • Reni Dia Anggraini Universitas Hamzanwadi
  • Fitri Aulia Universitas Hamzanwadi
  • M Taqiyuddin

DOI:

https://doi.org/10.29408/jkp.v4i2.3078

Keywords:

bimbingan klasikal, pernikahan dini.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pemberian layanan bimbingan klasikal untuk meningkatkan pemahaman resiko pernikahan pada siswa kelas X MA.  Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan model penelitian pre Eksperimental dengan menggunakan One Group Pre Tes Post Tes Design. Adapun tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah: (1) analisis dokumen, yaitu daftar nama, jumlah siswa kelas X.2 (IPA) MA NW Pringgasela dan foto dokumentasi penelitian. (2) Metode tes yang digunakan dalam penelitian  ini adalah pengisisan angket. (3) Observasi. Dari hasil analisis data layanan bimbingan  klasikal terhadap akan resiko pernikahan dini pada siswa yang menggunakan teknik analisis statistik t-test, diperoleh thitung sebesar 5,778 sedangkan besarnya angka pada tabel nilai t untuk uji satu pihak (one tail test) dengan taraf signifikasi 0.05 (5%) pada d.b N-1= 9 adalah 1,833. Oleh karena itu hasil analisis data sebesar 5,778 berada di atas angka batas penolakan hipotesis nol yang besarnya 1,833 (nilai thitung > ttabel), maka penelitian ini adalah signifikan

Author Biography

Fitri Aulia, Universitas Hamzanwadi

References

Afifah, T. (2014). Perkawinan Dini Dan Dampak Status Gizi Pada Anak (Analisis Data Riskesdas 2010). Gizi Indonesia, 34(2), 109–119. https://doi.org/10.36457/gizindo.v34i2.107

Alfa, F. R. (2019). Pernikahan Dini dan Perceraian di Indonesia. Ilmiah Ahwal Syakhshiyyah, 1, 53–56.

Ali, M dan Asror, M. 2014. Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Ali, Mukti. Dkk. 2015.Fiqih Kawin Anak. Rumah Kitab (Rumah Kita Bersama).

Arumilda Nessia, Setiyowati Endang, B. A. (2012). Pengaruh Penerapan Model Cooperative Learning Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dalam Layanan Bimbingan Klasikal Terhadap Keterampilan Belajar Siswa Dalam Membaca dengan Teknik SQ3R. Insight: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(1), 77–82. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/INSIGHT.021.05

Budiman, M. A. (2017). Keefektifan Bimbingan Klasik Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Pernikaha Usia Dini. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI) Vol. 2, No. 2, April 2017, 2(2), 1–5.

Denim, Sudarwan.2013. Pengantar pendidikan. Bandung: Alfabeta, CV

Dini, P., Layanan, M., & Kelompok, B. (2013). Meningkatkan Pemahaman Orang Tua Terhadap Pernikahan Dini Melalui Layanan Bimbingan Kelompok. Indonesian Journal of Guidance and Counseling, 2(2), 16–22.

Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan KEMNDIKBUD. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling SMA. Jakarta: Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan KEMNDIKBUD.

Eneste, Pamusuk. (2012). Buku Pintar Penyuntingan Naskah. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Fadlyana, E., & Larasaty, S. (2016). Pernikahan Usia Dini dan Permasalahannya. Sari Pediatri, 11(2), 136. https://doi.org/10.14238/sp11.2.2009.136-41

Fauji Hadiono, A. (2018). Pernikahan Dini dalam Persepektif Psikologi Komunikasi Abdi. Jurnal Darussalam; Jurnal Pendidikan, Komunikasi Dan Pemikiran Hukum Islam, 9(2), 2549–4171.

Febrina, N. (2018). Pernikahan Dini Menurut Hadis dan Dampaknya. Jurnal Living Hadis, 3(1), 47–70. https://doi.org/https://doi.org/10.14421/livinghadis.2017.1362

Hanafi, Y. (2015). Pengendalian Perkawinan Dini (Child Marriage) Melalui Pengembangan Modul Pendidikan Penyadaran Hukum : Studi Kasus pada Masyarakat Subkultur Madura di Daerah Tapal Kuda , Jawa Timur. Palastren, 8(2), 399–422.

Hastuti, P., Aini, F. N., Sartika, Q. L., & Kurniasih, H. (2018). Cegah Pernikahan Dini Melalui Pusat Informasi Dan Konseling Kesehatan Reproduksi. Link, 13(2), 34. https://doi.org/10.31983/link.v13i2.2903

Julijanto Muhammad. (2015). Dampak Pernikahan Dini dan Problematika Hukumnya. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial., 25(01), 2015. Retrieved from https://doaj.org/article/dc04e4d6e08a47859562ac48fbcc39e1

Kamus Bahasa Indonesia.(2008). Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta.

Khasanah, Nginayatul. 2017. Penikahan Dini. Yogyakarta: Ar-Ruzza Medai.

Kiwe, Lauma. 2017. Mencegah Pernikahan Dini. Yogyakarta: Ar-Ruzza Medai.

Mc Leod, Johan. 2010. Pengantar Konseling Teori dan Studi Kasus. Jakarta: Kharisma Putra Utama.

M.Taufik, Sutiani, H., & Hermawan, D. (2018). Pengetahuan, Peran Orang Tua dan Persepsi Remaja Terhadap Preferensi Usia Ideal Menikah. Jurnal Vokasi Kesehatan, 4(2), 63–69. Retrieved from http://ejournal.poltekkes-pontianak.ac.id/index.php/JVK%0APENGETAHUAN,

Mukhtar, M., Yusuf, S., & Budiamin, A. (2016). Program Layanan Bimbingan Klasikal untuk Meningkatkan Self-Control Siswa. PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(1), 1. https://doi.org/10.12928/psikopedagogia.v5i1.4473

Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling Seklah Menengah Atas (SMA). (2016). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.

Pedoman Penusunan dan Penulisan Tugas Akhir. (2016). Universitas Hamzanwadi

Pohan, N. H. (2017). ‎ Faktor yang Berhubungan dengan Pernikahan Usia Dini terhadap Remaja Putri.‎. Jurnal Endurance, 2(3), 424–435. https://doi.org/10.22216/jen.v2i3.2283

Prayitno dan Erman Amti. 2013. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Rifiani, Dwi. (2011). Pernikahan Dini dalam Perspektif Hukum Islam. de Jure, Jurnal Syariah dan Hukum, Volume 3 Nomor 2, Desember 2011, hlm. 125-134

Riyanto, Yatim. 2001. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: SIC.

Sudrajat, A. (2013). Pendekatan Saintifik dalam Proses Pembelajaran. Www.Akhmadsudraj At.Wordpress.Com, 1(2), 42–48.

Sugiyono.(2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi, Arikunto,.(2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Yogyakarta: Raineka Cipta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Yuliarni, E., Luawo, M. I. R., & Karsih, K. (2013). Pengaruh Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Stad (Student Teams Achievement Division) Dalam Layanan Bimbingan Klasikal Terhadap Keterampilan Belajar Siswa Dalam Membaca Dengan Teknik SQ3R (Studi Pre-Eksperimen Pada Siswa Kelas X-F Di SMAN 8 Bogor). Insight: Jurnal Bimbingan Konseling, 2(1), 25–31.

Yusuf, Syamsu. (2012). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT Remaja Posdakarya.

Downloads

Published

31-12-2020