IMPLEMENTASI LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI PONDOK PESANTREN DARUL CHALIDI NW PRINGGASELA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

umami Nurfitri, Ridwan ., Fitri Aulia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui impelementasi layanan bimbingan dan konseling di Pondok Pesantren Darul Chalidi NW Pringgasela tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini termasuk jenis penelitian mix method, kualitatif dan kuantitatif. Tempat penelitiannya dilakukan di Pondok Pesantren Darul Chalidi NW Pringgasela. Sebagai subjek penelitian ini adalah guru bimbingan dan konseling sekaligus sebagai sumber data primer serta santri sebagai sumber data sekunder. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah dengan wawancara, dokumentasi, observasi dan angket. Setelah data terkumpul, selanjutnya dilakukan analisis data. Adapun analisis datanya menggunakan rumus presentase dan mengkategorikan hasil analisis presentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi layanan bimbingan dan konseling di Pondok Pesantren Darul Chalidi NW Pringgasela yang dilaksanakan oleh Guru Bimbingan dan Konseling ini ditunjukkan dari hasil daftar cek dengan rincian sebagai berikut ; 1) Perencanaan layanan bimbingan dan konseling dengan hasil 73,07%, 2) Pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling dengan hasil 76,13%, 3) Evaluasi program layanan bimbingan dan konseling dengan hasil 44,44%. Tetapi dalam hal ini masih terdapat kekurangan dalam pelaksanaan layanan Bimbingan dan Konseling . Hal ini perlu dimaklumi karena Pondok Pesantren Darul Chalidi masih tergolong sekolah baru jadi masih ada beberapa yang perlu diperbaiki.


Keywords


Implementasi Bimbingan dan Konseling, Pondok Pesantren

Full Text:

PDF

References


Chirzin, dkk. 2006. Modul Pengembangan Pesantren. Yogyakarta: Puskadiyabuma.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktoral Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling Sekolah Menengah Atas. Jakarta.

Masyhud, Sulthon & Khusnurdilo. 2008. Manajemen Pondok Pesantren. Jakarta: Diva Pustaka Jakarta.

Nurihsan, Achmad Juntika. 2014. Bimbingan dan Konseling Dalam Berbagai Latar Kehidupan. Bandung: PT. Refika Aditama.

Sutoyo, Anwar. 2017. Bimbingan dan Konseling Islami. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tashakkori, Abbas & Teddie, Charles. 2010. Mixed Methodology. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Zuhri. 2016. Convergentive Design : Kurikulum Pendidikan Pesantren (Konsepsi dan Aplikasinya). Yogyakarta: CV Budi Utama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.