PERAN USTADZ DALAM MEKANISME PEMBIMBINGAN SANTRI PADA PONDOK PESANTREN DARUL CHALIDI NW PRINGGASELA

Authors

  • Maulidiana Zain SMK Kesehatan Karya Adi Husada
  • Ridwan Ridwan Universitas Hamzanwadi
  • Muhamad Takiuddin Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.29408/jkp.v5i1.3542

Keywords:

santri, bimbingan dan konseling di pesantren

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran ustadz dalam mekanisme pembimbingan santri pada pondok pesantren Darul Chalidi NW Pringgasela. Tujuan lainnya yaitu untuk menganalisis peran-peran ustadz dan hambatan apa yang dihadapi dalam pembimbingan santri. Jenis penelitian ini adalah deskriptif, dengan menggunakan pendekatan campuran (mixed methods), yaitu perpaduan antara kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian adalah ustadz dan santri pada jenjang pendidikan SMP IT yang merupakan bagian dari Pondok Pesantren Darul Chalidi. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah angket, wawancara, oservasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis kuantitatif menunjukkan  bahwa peran ustadz dalam mekanisme pembimbingan santri sangat tinggi, sebesar 85,8%, sedangkan kerjasama ustadz dan guru bimbingan dan konseling dalam mekanisme pembimbingan santri pada pondok pesantren Darul Chalidi berada pada kategori Baik, dengan hasil persentase menunjukkan 81,6%. Namun berdasarkan analisis kualitatif berupa wawancara dan observasi, kasus santri terbilang masih tinggi, serta peraturan pesantren kerap dilanggar oleh santri hal ini juga didukung oleh peran guru BK yang belum maksimal. Sehingga kesimpulannya adalah meskipun peran ustadz untuk membimbing santri termasuk kategori tinggi,,namun tidak diikuti dengan pelayanan pembimbingan yang dilakukan oleh guru bimbingan dan konseling,  yang menyebabkan masih banyak kasus santri yang terjadi dan belum ditangani dengan baik.

References

Creswell, John. 2012. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif Dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Daradjat,dkk. 2017. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Depag. 2003. Manajemen Pondok Pesantren.Jakarta: Diva Pustaka.

Depdiknas. 2008. Penataan Pendidikan Professional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling Dalam Jalur Pendidikan Formal.Jakarta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2014. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Imam Abdul Aziz, (2019) Peran Ustadz Dalam Membina Karakter Santri Di Madrasah Pondok Pesantren Ma’hadul ‘Ilmi Wal ‘Amal Tulungagunghttp://Repo.Iain-Tulungagung.Ac.Id/Id/Eprint/10204

Khasanah, Uswatun. 2016. Peran ustadz dalam membentuk karakter santri di pondok pesantren pancasila salatiga tahun 2016. IAIN Salatiga. Hal.9

Matondang, Zulkifli (2009). validitas dan reliabilitas suatu instrumen penelitian. jurnal tabularasa, 6 (1). pp. 87-97. issn 1693-7732 . http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/705

Moleong, Lexy. 2002. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Naim, Ngainun. 2016. Menjadi Guru Inspiratif. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Prayitno,Erman Amti. 2013. Dasar-Dasar Bimbingan Dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Shaleh, Abdul.2000. Pendidikan Agama dan Keagamaan. Jakarta:Gemawindu Pancaperkasa.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Yasmadi. 20005. Modernisasi Pesantren. Ciputat: Quantum Teaching.

Downloads

Published

30-06-2021