LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL MENGGUNAKAN TEKNIK DISKUSI KELOMPOK UNTUK PERSIAPAN KARIR SISWA

dewi yulianti, Muhammad Alfan Hadi

Abstract


Penelitian ini berangkat dari permasalahan yang dihadapi siswa kelas X DPIB 2 Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Selong yakni masalah persiapan dalam memilih karir, yang disinyalir terjadi karena kurangnya pemahaman mendalam yang dimiliki siswa. Untuk persiapan karirnya Maka dari itu tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pemahaman memilih karir pada siswa kelas X DPIB 2 Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Selong sebelum dan sesudah diberi layanan bimbingan klasikal serta untuk mengetahui efekivitas layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan pemahaman memilih karir pada siswa kelas X  DPIB 2 Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Selong. Metode penelitian menggunakan penelitian eksperimen. Subyek penelitian ialah siswa kelas X DPIB 2 Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Selong. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan angket pemahaman pemilihan karir siswa. Data dianalisis dengan analisis deskripsi dan uji hipotesis menggunakan rumus T-test. Hasil penelitian menunjukkan data kondisi awal siswa sebelum mendapatkan layanan bimbingan klasikal masuk dalam kategori sedang dengan skor (43,65) dan kondisi siswa setelah mendapat layanan bimbingan klasikal masuk dalam kategori tinggi dengan skor (47,25). Terdapat pengaruh bimbingan klasikal untuk meningkatkan pemahaman memilih karir pada siswa dengan hasil t-hitung 9,25 ˃ t-tabel 2,042 yang artinya signifikan. Maka dapat dinyatakan bahwa layanan bimbingan klasikal dapat untuk meningkatkan pemahaman dalam persiapan memilih karir pada siswa kelas X DPIB 2 Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Selong. 

Keywords


Layanan bimbingan klasikal, diskusi kelompok dan persiapan karir.

Full Text:

PDF

References


Aulia Fitri. (2017). Teori &Praktik BK Karier. Selong: Universitas Hamzanwadi Press.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Syarqawi Ahmad. (2018). Bimbingan Konseling Sebagai Upaya dan Bagian Pendidikan. Jurnal pendidikan dan keislaman. Vol. I, No. 1, hal 172-173.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta.

Winkel, W.S dan M.M. Sri Hastuti.(2004). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakata: Media Abadi.

Winkel, W.S. Sri Hastuti. (2006). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakata: Media Abadi.

Yusuf, Syamsul. (2009). Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Bandung: Rizqi press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.