MENINGKATKAN DISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS IX MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DI SMPN 2 SURALAGA TAHUN PELAJARAN 2020/2021
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan disiplin belajar siswa kelas IX melalui layanan bimbingan kelompok di SMPN 2 Suralaga tahun pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan menggunakan desain penelitian eksperimen, dan untuk desain yang digunakan yaitu Pre-Experimental Designs (Nondesigns), One-Group Pre-test- Post-test Designs. Data dianalisis menggunakan uji-t satu pihak. Hasil hipotesis menunjukkan bahwa thitung> ttabel yaitu (2,53 >2,015) yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima, berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan pada BAB IV maka dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan disiplin belajar siswa melalui layanan bimbingan kelompok siswa kelas IX SMPN 2 Suralaga.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggota IKP AI Perputakaan Nasional, Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS) UU RI No 20 Tahun 2003, Nuansa Auli, Bandung, 2008, h. 4
Arikunto, Suharsimi. (2006) prosedur Penelitian Pendekatan Praktik. Jakarta PT.
Bandung
Hadi, P Sudharto. 2008 Pendidikan dan Aspek sosial amdal. Gajah Mada University Prees: Yogyakarta.
Hasan, Iqbal. (2004) Analisis data Penelitian dengan statistic. Jakarta : PT. BumiAksara
Hurlock. 1969. Perkembangan Anak. Jilid II Alih Bahasa Meistasari Tjandra.Jakarta: PT. Erlangga.
Imam Ahmad Ibnu Nizar. 2009 Membentuk dan Meningkatkan Disiplin Anak Sejak Dini
Prayitno dan Erman Amti. 2004. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta:Rineka Cipta.
Prayitno. 1995. Layanan Bimbingan Dan Konseling Kelompok. Jakarta: GhaliaIndonesia.
DOI: https://doi.org/10.29408/jkp.v6i1.6757
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 L. M Sasaki Septriyogi, Musifuddin Musifuddin, Fitri Aulia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.