EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK PEMAHAMAN PEMILIHAN STUDI LANJUT SISWA KELAS IX SEKOLAH ISLAM DARUL QUR’AN AL-MAHDI NAHDLATUL WATHAN

Ina Febrianti, I Dewa Putu Partha

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas layanan bimbingan kelompok untuk pemahaman pemilihan studi lanjut sswa kelas IX sekolah SMP Islam Darul Qur’an Al-Mahdi NW  Tahun Pembelajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah pre-eksperimen design dengan desain One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah kelas IX dengan jumlah sampel penelitian berjumlah 16 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, analisis menggunakan data kuantitatif berupa angka-angka yang diolah menggunakan statistic sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa data kondisi awal sebelum diberikan perlakuan (pre-test) yang berupa layanan bimbingan kelompok berada pada kategori sedang dengan skor 16, sedangkan setelah diberikan perlakuan (post-test) layanan bimbingan kelompok berada pada kategori tinggi dengan skor 21,12. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan efektivtas layanan bimbingan kelompok untuk pemahaman pemilihan studi lanjut siswa kelas IX sekolah SMP Islam Darul Qur’an Al-Mahdi NW.


Keywords


Layanan Bimbingan Kelompok

Full Text:

PDF

References


Sugiyono. (2016). Metode Penellitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Indonesia Nomor 111 Tahun 2014 Tentang Bimbingan Dan Konseling Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah




DOI: https://doi.org/10.29408/jkp.v6i1.6794

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ina Febrianti, I Dewa Putu Partha

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics

View My Stats