PENERAPAN KONSELING QUR'ANI UNTUK MENGENTASKAN ADAB BURUK GENERASI MILENIAL PADA SISWA SMPN 1 SURALAGA

Authors

  • Nusuki Nusuki Universitas Hamzanwadi " program studi Bimbingan dan Konseling"

DOI:

https://doi.org/10.29408/jkp.v6i2.7671

Keywords:

Adab Buruk, konseling Qur’ani, Terapi pertobatan

Abstract

Penelitian ini membahas tentang fenomena adab buruk yang terjadi dikalangan generasi milenial yang diakibatkan oleh pengaruh dari kemajuan teknologi dan bagaimana penerapan konseling Qur’ani yang mernggunakan terapi pertobatan dalam mengentaskan adab buruk tersebut. Penelitiann ini juga bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektifitas penerapan Konseling Qur’ani dengan menggunakan terapi pertaubatan yang dilaksanakan layanan konseling kelompok. Hasil penelitian menunjukan bahwa data fase awal ( A1) sebelum diberikan perlakuan (pretest) berupa konseling Qur’ani dengan terapi pertaubatan memperoleh skor maksimal 128 dengan mean rata-rata 25,6 yang menunjukkann adab buruk siswa dalam kategori buruk. Pada saat fase intervensi (B) skornya menurun menjadi 83 dengan rata-rata 16, 6 menunjukkan kategori sedikit buruk. Kemudian setelah diberikan intervensi (B2) menurun menjadi 59 dengan mean rata-rata menjadi 11,8 yang menunjukkan adab buruk siswa menajdi tidak buruk.

 

Kata kunci : Adab Buruk, konseling Qur’ani, Terapi pertobatan

References

DAFTAR PUSTAKA

Absher dan Amidjaya dalam Zuhal. (2000). Visi Iptek Memasuki Milenium III. (Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia (UI-Press).

Albari, Moh Misbahusani. (2022). Konsep Konseling Qur’ani dalam Mengatasi Moral Menurut Ridwan. Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Prof. K.H.Saifuddin Zuhri. Purwokerto.

Arikunto, Suharsimi. (2016) Manajemen Penelitian. Jakarta. Penerbit: Rineka Cipta.

Baedowi. (2020). Konseling Qur’an untuk Meningkatkan Kesiapan Mental Siswa Kelas X SMKN 2 Tulungagung Menghadapi Ujian Kenaikan Kelas Tahun Pelajaran 2000/2001.

Ekayani, Syafira Putri. (2018). Efektivitas Konseling Qur’ani terhadap Kesejahteraan Subjektif Ibu yang Memiliki Anak Berkebutuhan Khusus. Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya. Universitas Islam Yogyakarta.

Hasbi, Muhammad. (2020). Akhlak Tasawuf (Solusi Mencari Kebahagiaan dalam Kehidupan Esoteris dan Eksoteris). Penerbit: Trust Media.

KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia). (2009). Jakarta: PT. (Persero) penerbitan dan percetakan.

Masdudi. (2015). Bimbingan dan Konseling Perspektif Sekolah. Cirebon: Nurjati Press. Prayitno. (1995). Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok. Padang: Jurusan

Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang.

Rassol, Husen.(2019). Konseling Islami. Sebuah Pengantar kepada Teori dan Praktik.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ridwan dan Farozin. (2021). Akidah Bimbingan dan Konseling. Selong: Universitas Hamzanwadi Press.

Ridwan. (2018). Konseling dan Terapi Qur’ani. Yogyakarta: Pustaka Belajar. Sukmadinata, Nana. (2002). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. Pernebit: PT.

Remaja Rosdakarya.

Sunanto, Takeuchi, Nakata.(2005). Pengantar Penelitian Subyek Tunggal. CRICED. University of Tsukuba.

Tohirin.(2014). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi) .

Jakarta: Grafindo Persada.

Downloads

Published

30-12-2022