Strategi Bersaing Agen Perjalanan Konvensional Di Era Digital: Studi Pada PT. Jasa Nusa Wisata

Authors

  • Adhitya Bayu Suryantara Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29408/jpek.v3i2.1658

Keywords:

Agen Perjalanan, Strategi Bersaing, Matriks IE, Matriks SWOT

Abstract

Lahirnya agen perjalanan berbasis aplikasi (online travel agent / OTA) seperti traveloka, tiket.com dan pegi-pegi tidak hanya merubah gaya hidup orang dalam mengagendakan perjalanannya. Lebih jauh, OTA bahkan mampu mendisrupsi cara berbisnis yang dijalankan agen perjalanan konvensional. Hal ini menyebabkan timbulnya persaingan yang semakin ketat dalam industri agen perjalanan yang melibatkan agen perjalanan konvensional dan agen perjalanan berbasis aplikasi (OTA). Kondisi ini perlu disikapi oleh perusahaan dengan melakukan  inovasi-inovasi yang berkelanjutan untuk menghasilkan produk-produk yang memiliki nilai tambah. Agar dapat terus berinovasi, perumusan strategi bersaing menjadi perlu untuk dilakukan agar dapat memetakan posisi perusahaan di dalam industri yang selanjutnya diikuti dengan penyusunan program-program inovatif untuk dapat menjaga keberlangsungan perusahaan sesuai kondisi yang ada. Penelitian ini sendiri merupakan penelitian studi kasus yang bertujuan untuk merumuskan strategi bersaing alternatif  dengan menggunakan analisis IFE, analisis EFE, serta analisis Matriks SWOT yang dikombinasikan dengan Matriks IE. Objek dalam penelitian ini adalah PT. Jasa Nusa Wisata yang berada di Pulau Lombok. Dari hasil analisis Matrilks IE diketahui bahwa PT. Jasa Nusa Wisata berada pada kuadran II yang berarti strategi paling tepat dalam posisi ini adalah investasi atau pengembangan secara selektif. Berdasarkan informasi tersebut, selanjutnya dirumuskan sepuluh strategi alternatif dengan menggunakan analisis SWOT yang secara garis besar merangkum kegiatan investasi dan pengembangan secara selektif.  

 

References

Anjastantri, W., & Dewantara, R. Y. (2017). Mempertahankan Eksistensi Traditional Travel Agency dalam Menghadapi Ancaman Online Travel Agency. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) , Vol. 50 No. 6, 151-156.

Athar, H. S. (2016). Analisis Strategi Pemasaran Jasa Pada PT. Mari Sana Ticket Station Mataram. Conference on Management and Behavioural Studies (pp. 535-543). Jakarta: Universitas Tarumanegara.

Creswell, J. W. (2015). Penelitian Kualitatif & Desain Riset: Memilih Di Antara Lima pendekatan (3 ed.). (A. L. Lazuardi, Trans.) Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Diwati, F., & Santoso, T. I. (2015). Pengaruh Strategi Intergrated Marketing Communication (IMC) Terhadap Keputusan Membeli Konsumen pada Bisnis Tour & Travel di Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal EBBANK , Vol. 6 No. 2, 33-54.

Dzulfiqar, R. A. (2016). Pengaruh Online Travel Agent Terhadap Travel Agent Konvensional di Kota Bandung. Bandung: Sekolah Tinggi Pariwisata.

Harsanti, P. K., Dewi, N. I., & Sukartini, N. W. (2017). Strategi Bersaing dengan Online Travel Agent (OTA) Menggunakan Pendekatan SWOT Analysis pada PT Mitra Global Holiday Bali, Unit Usaha MG Bedbank. Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan , Vol. 13 No. 3, 166-175.

Kontan.co.id. (2019, Januari 31). Retrieved September 2019, from https://industri.kontan.co.id/news/astindo-100-perusahaan-travel-agen-tutup-karena-kalah-saing-dengan-online

Kumparan.com. (2019, Maret 15). Retrieved September 2019, from https://kumparan.com/kumparanbisnis/digempur-online-travel-agent-konvensional-terancam-gulung-tikar-1552620295839080289

Lintong, N. N. (2015). Strategi Bersaing Biro Perjalanan Wisata Alindo Dewata Tours Bali. JUMPA , Vol 2 No 1, 117-131.

Pradiatiningtyas, D. (2015). Analisa Buying Behavior pada Online Travel Agent. Jurnal Khasanah Ilmu , Vol. 6 No. 2, 56-61.

Sari, A. P., Negara, I. M., & Suardana, I. W. (2016). Strategi Pemasaran Paket Wisata Melalui Media Online di Trully Asia Tour and Travel. Jurnal IPTA , Vol. 4 No. 1, 74-78.

Sugiyono. (2014). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Yin, R. K. (2015). Studi kasus: Desain Dan Metode. (M. D. Mudzakir, Trans.) Depok: PT. Rajagrafindo Persada.

Downloads

Published

2019-12-22