Pengaruh Lingkungan Belajar Dan Peran Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Masbagik Tahun Pelajaran 2015/2016

Authors

  • Danang Prio Utomo Prodi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Hamzanwadi
  • Muh Zainul Majdi Prodi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.29408/jpek.v1i1.464

Keywords:

Lingkungan Belajar, Motivasi Belajar, Peran Guru.

Abstract

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  pengaruh lingkungan belajar  dan  peran  guru  terhadap  motivasi  belajar  siswa  ekonomi  di  SMAN  1 Masbagik  Tahun  Pelajaran  2015/2016. Penelitian  ini  merupakan  penelitian expostfacto  dengan  menggunakan  pendekatan  kuantitatif.  Populasi  penelitian ini adalah kelas XI IPS SMAN 1 Masbagik tahun pelajaran  2015/ 2016 dengan sampel  penelitian  sebesar  52 siswa  yang  diambil  dengan  teknik sampel proposional dan teknik random samling. Pengumpulan data lingkungan belajar dan  peran  guru  dan  motivasi  belajar menggunakan  instrumen  dengan menyebarkan  angket.  Data  dianalisis  dengan  teknik    analisis  korelasi  parsial dan  analisis  regresi  ganda. Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  :  1). perhitungan  uji  koefisien  regresi  dengan  nilai  koefisien  regresi  variabel lingkungan  belajar  dengan  nilai  t-hitung  sebesar  0,989 dan  tingkat  kesalahan signifikan 0,327 yang lebih  kecil  dari  tingkat signifikan  yang  telah  ditentukan (0,05).  Maka  Ha  diterima  dan  dapat  disimpulkan  bahwa  variabel  lingkungan belajar  berpengaruh  signifikan  terhadap  motivasi  belajar  siswa  pada  pelajaran ekonomi  Di  SMAN  1  Masbagik  Tahun  Pelajaran  2015/2016.  2).  perhitungan uji  koefisien regresi dengan nilai koefisien  regresi  variabel peran  guru dengan nilai  t-hitung  sebesar  2,189 dan  tingkat  kesalahan  signifikan  0,033 yang  lebih kecil  dari  tingkat  signifikan  yang  telah  ditentukan  (0,05).  Maka  Ha  diterima dan  dapat  disimpulkan  bahwa  variabel  peran  guru  berpengaruh  signifikan terhadap motivasi belajar siswa pada pelajaran ekonomi Di SMAN 1 Masbagik Tahun  Pelajaran  2015/2016. 3). perhitungan  uji  koefisien  regresi  dengan  nilai koefisien  regresi  variabel  lingkungan  belajar  dan  peran  guru  dengan  nilai  t-hitung  sebesar  6,537 dan  tingkat  kesalahan  signifikan  0,003 yang  lebih  kecil dari  tingkat  signifikan  yang  telah  ditentukan  (0,05).  Maka  Ha  diterima  dan dapat  disimpulkan  bahwa  variabel  lingkungan  belajar  dan  peran  guru berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa pada pelajaran ekonomi Di SMAN 1 Masbagik Tahun Pelajaran 2015/2016. 

 

References

Ahmadi, Fatah. (2012). Makalah Peran dan Fungsi Guru, (online), (http://edukasi.kompasiana.com/2012/04/27/, diakses 27 April 2012)

Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.Jakarta:Rineka Cipta. Fatah Ahmadi, Peran dan Fungsi Guru: 18 Juli 2012: Kompasiana

Hamzam B. Uno, (2011). Teori Motivasi & Pengukurannya (Analisis di Bidang Pendidikan). Penerbit PT Bumi Akasara : Jakarta.

Nurdin, Muhammmad. 2010. Kiat Menjadi Guru Profesional. Yogyakarta: AR. Ruzz Media Group

Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press

Slameto. (2005). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta

Sugiono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Downloads

Published

2017-09-26