PENGEMBANGAN BAHAN AJAR EKONOMI BERBASIS KOMPUTER DENGAN MODEL TUTORIAL PADA POKOK BAHASAN UANG DAN PERBANKAN UNTUK SISWA KELAS X MA MU’ALLIMIN NW PANCOR

Huzain Jailani, Qurratul Aini

Abstract


Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah: 1) menghasilkan bahan ajar ekonomi berbasis komputer dengan model tutorial yang akan tetap bertahan dan digunakan untuk tahun-tahun berikutnya pada siswa kelas X MA Muallimin NW Pancor 2) mengetahui kelayakan bahan ajar ekonomi berbasis komputer yang dikembangkan menurut penilaian ahli Media, dan ahli materi ekonomi, 3) mengetahui tanggapan guru dan siswa terhadap bahan ajar ekonomi berbasis komputer dengan model turorial yang telah dikembangkan, dan 4) mengetahui efektifitas bahan ajar ekonomi berbasis komputer dengan model tutorial yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model Borg and Gall yang telah dimodifikasi menjadi delapan langkah pengembangan. Langkah-langkah pengembangan meliputi: 1) potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi desain, 5) revisi desain, 6) uji coba produk, 7) revisi produk, dan 8) produk akhir. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, angket dan tes. 

Hasil penelitian menunjukkan bahwasannya, bahan ajar ekonomi berbasis komputer dengan model tutorial ini layak digunakan, hal tersebut dapat dilihat dari hasil validasi ahli materi ekonomi sebesar 85,45 % (layak), untuk ahli media sebesar 86,66% (layak). selanjutnya untuk respon guru dan siswa menunjukkan respon yang positif dilihat dari hasil uji coba lapangan yakni hasil angket respon guru sebesari 90% dan respon siswa sebesar 88,90%. Untuk hasil aktifitas belajar siswa sebesar 3,7 dan dari hasil ketuntasan belajar klasikal siswa menunjukkan 90,32%, dengan demikian bahan ajar ekonomi berbasis komputer dengan model tutorial ini efektif digunakan. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan bagi guru untuk bisa menerapkan dan menggunakan bahan ajar ini dalam proses pembelajaran sehingga siswa bisa belajar dengan mudah dan lebih menyenangkan,


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta : PT. Rineka Cipta

Ardhana, Wayan. 2002. Konsep Penelitian Pengembangan dalam Bidang Pendidikan dan Pembelajaran. Makalah disajikan dalam Lokakarya Nasional Angkatan II, Pusat Penelitian Pendidikan, Malang, 22-24.

Departemen Pendidikan Nasional. Bimtek KTSP 2008. (Online), (http://www.depdiknas.go.id), diakses 25 November 2015

Hamalik, Oemar. 2010. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Masri Muhammad,Dkk. 1997 Materi Latihan Kerja Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan

Mbulu, Joseph dan Suhartono. 2004. Pengembangan Bahan Ajar. Malang: Elang Mas.

Moleong, Lexy J. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muhaimin, 2009. Modul Wawasan Pengembangan Bahan Ajar bab V Malang: LKP2-I

Rusman, 2010. Model-Model Pembelajaran, Mengembangkan Profesionalisme Guru. Bandung: Rajawali Pers

Sudjana, Nana dan Rivai Ahmad. 2005. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta.

Thobroni, Muhammad & Arif Mustofa. 2011. Belajar & Pembelajaran: Pengembangan Wacana dan Praktik Pembelajaran dalam Pembangunan Nasional. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media. Tahun-2003-Sisdiknas.pdf), diakses 7 november 2015.




DOI: http://dx.doi.org/10.29408/jpek.v1i2.543

Article Metrics

Abstract view : 150 times
PDF - 44 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JPEK (Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan)

View My Stats