Vol 1, No 1 (2016)

PENGARUH STRATEGI PEMBERDAYAAN BERFIKIR MELALUI PERTANYAAN TERHADAP AKTIFITAS DAN KEMAMPUAN PENALARAN SISWA PADA MATA PE

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi PBMP terhadap aktifitas dan kemampuan penalaran siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X di MA Al-ijtihad Danger tahun pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian menggunakan eksperimen bentuk rancangan pretest-posttest nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MA Al-ijtihad Danger Tahun Pelajaran 2015/2016. Sampel penelitian diambil dengan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan normalitas data, uji homogenitas data dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan skor rata-rata aktivitas pada kelas eksperimen sebesar 3,50 (kategori aktif) dan di kelas kontrol sebesar 2,46 (kategori kurang aktif) sedangkan hasil kemampuan penalaran siswa pada kelas eksperimen yaitu 76,06 dan SDi 6,6 sedangkan pada kelas kontrol yaitu 62,81 dan SDi 5,84. Dari hasil penelitian ini diperoleh nilai t hitung > t tabel (5,39>1,69) pada taraf signifikan 5% dan dk = n1+n2–2. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi PBMP berpengaruh positif dan signifikan terhadap aktifitas dan kemampuan penalaran siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X di MA Al-ijtihad Danger Tahun Pelajaran 2015/2016.

Keyword: Activity, Ability Of Reasoning, Strategy PBMP
Kata kunci : Aktifitas, Kemampuan penalaran, Strategi PBMP

Table of Contents

Articles

Huzain Jailani
1-14