Analisis Komponen Fisik Terhadap Kemampuan Shooting

Authors

  • Jusran S STKIP Paris Barantai

DOI:

https://doi.org/10.29408/porkes.v4i1.3493

Keywords:

Analisis, Komponen Fisik, Kemampuan Shooting

Abstract

Penelitian yang akan dilakukan adalah (1) Untuk  mendeskripsikan komponen fisik  terhadap kemampuan shooting pada club sepakbola Spartax Fc Kotabaru. (2) Untuk  mendeskripsikan kekuatan terhadap kemampuan shooting pada club sepakbola Spartax Fc Kotabaru. (3) Untuk mendeskripsikan keseimbangan terhadap kemampuan shooting pada club sepakbola Spartax Fc Kotabaru. (4) Untuk mendeskripsikan koordinasi mata-kaki terhadap kemampuan shooting pada club sepakbola Spartax Fc Kotabaru.  Metode penelitian deskriftif kualitatif, karena dalam pendekatan deskriftif kualitatif. Populasinya adalah seluruh pemain sepakbola Spartax Fc Kotabaru. Sampel yang digunakan adalah sebanyak 25 pemain Spartax Fc Kotabaru. Teknik penentuan sampel adalah dengan menggunakan teknik Sampel Jenuh. Variabel yang terlibat dalam penelitian ini yaitu variabel bebas komponen fisik dan variabel terikat kemampuan shooting. Instrument tes yang digunakan yaitu komponen fisik terdiri dari kekuatan, keseimbangan, dan koordinasi mata-kaki sedangkan kemampuan shooting dengan menggunakan tes menendang kearah sasaran yang telah di tentukan sebanyak 3 kali percobaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif persentase, dan analisis koefisien korelasi pearson product moment (r) pada taraf signifikan α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Komponen fisik pada pemain sepakbola Spartax Fc Kotabaru dengan skor rata-rata sebesar 0,560 dalam kategori sedang; 2) Kemampuan shooting pada club sepakbola Spartax Fc Kotabaru dengan nilai rata-rata sebesar 0,191 dalam kategori rendah; 3) Ada keterkaitan yang signifikan komponen fisik dengan kemampuan shooting pada club sepakbola Spartax Fc Kotabaru dengan nilai r sebesar 0,159 dalam kategori rendah; 4) Ada keterkaitan yang signifikan komponen fisik dengan kemampuan shooting pada club sepakbola Spartax Fc Kotabaru dengan 

Author Biography

Jusran S, STKIP Paris Barantai

STKIP Paris Barantai IIIb

References

Afrian, H., & Hariadi, N. (2018). Implementasi Sport Search Untuk Mengidentifikasi Bakat Calon Olahragawan Berprestasi. Jurnal Porkes, 1(1), 27-31.

Hidayatullah, F. (2017). Ketepatan Penggunaan Istilah Pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani Materi Permainan Bola Besar Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri Kecamatan Bangkalan. JOURNAL PROCEEDING, 1(1).

Iqbal, R., Julianti, R. R., & Dimyati, A. (2019). Pengguna Model Pembelajaran Teman Sebaya (Peer Teaching) Dalam Teknik Dribble Pemainan Bola Basket. Jurnal Porkes, 2(2), 37-43.

Jumaking, J. (2020). Pengaruh Daya Ledak Tungkai, Koordinasi Mata Kaki Dan Percaya Diri Terhadap Kemampuan Shooting Ke Gawang Dalam Permainan Sepakbola Pada Siswa Sman 2 Kolaka. Kinestetik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 4(1), 122-131.

Kusumawati, M. (2015). Penelitian Pendidikan PENJASORKES. Bandung: Alfabeta

Muis, A. (2014). Analisis Kondisi Fisik Terhadap Keterampilan Menendang Bola Ke Arah Gawang (Shooting). Jurnal Kesehatan Olahraga, 2(3).

Pammusureng, P. (2015). Analisis Komponen Kondisi Fisik Terhadap Keterampilan Shooting Dalam Permainan Bolabasket Siswa Ma As’ Adiyah Putra Pusat Sengkang Kab. Wajo (Doctoral Dissertation, Pascasarjana).

Prayoga, H. D., Fitrianto, A. T., & Habibie, M. (2020). Perbandingan Kemampuan Fisik Dasar Petinju Nasional Dengan Petinju Daerah. Jurnal Porkes, 3(2), 149-158.

Sucipto. (2000). Sepakbola. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan: Direktorat Jendral Pendidikan dan Kebudayaan

Sugiyono. (2013). Statistik untuk penelitian. Bandung: Alfabeta

-----------, (2014). Metode Penelitian, Bandung: CV.ALFABETA

Sukardi. 2015. Evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Wijayanto, E. Z. (2012). Pengaruh Pembelajaran Permainan Bola Besar Terhadap Tingkat Kesegaran Jasmani. ACTIVE: Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation, 1(1).

Widiastuti, S. S. (2019). Mengenal Permainan Olahraga Bola Besar. Myria Publisher.

Published

2021-06-30

How to Cite

S, J. (2021). Analisis Komponen Fisik Terhadap Kemampuan Shooting. Jurnal Porkes, 4(1), 55–61. https://doi.org/10.29408/porkes.v4i1.3493

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.