Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Supervisi Akademik Pada Guru SD Negeri 3 Surabaya Kecamatan Sakra Timur Masa Covid-1

Authors

  • Sriwidayati Sriwidayati Sekolah Dasar Negeri 3 Surabaya

Keywords:

kompetensi Guru, supervisi akademik

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kompetensi guru  melalui supervisi akademik pada guru SDN 3 Surabaya Kecamatan Sakra Timur  masa covid – 19 semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah Penelitian Tindakan sekolah (PTS).Yang menjadi subyek penelitian adalah guru-guru SD Negeri 3 Surabaya.Tempat enelitian di SDN 3 Surabaya. Waktu penelitian bulan Oktober sampai Desember 2021.Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi.data tersebut akan dianalisa secara diskriptif kwantitatif dan kwalitatif diskriptif. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa supervise akademik dapat meningkatkan kompetensi guru –guru SD Negeri 3 Surabaya masa covid 19 semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022

References

DAFTAR PUSTAKA

Dian, D., & Prayoga, A. (2019). Supervisi Akademik Kepala Madrasah Di Madrasah Aliyah Darussalam Sumedang. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 4(4), 548-558.

Hardono, H., Haryono, H., & Yusuf, A. (2017). Kepemimpinan Kepala Sekolah, Supervisi Akademik, Dan Motivasi Kerja Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Educational Management, 6(1), 26-33.

Hasanah, M. L., & Kristiawan, M. (2019). Supervisi Akademik Dan Bagaimana Kinerja Guru. Tadbir: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 3(2), 97-112.

Nugraha, M. F., Rindayanti, R., & Nurfitriani, M. (2020). Pengembangan Media Film Bisu (Visual Gerak) Pada Mata Pelajaran IPS Materi Jenis-Jenis Pekerjaan Kelas IV Di SDN Cibeureum. Cendekiawan, 2(1), 13-19.

Paramudita, A. (2019). Teknik Supervisi Akademik Di Sekolah Islam. Madrasa, 2(1), 1-6.

Prasojo, L. D. (2011). Supervisi Pendidikan. Yogyakarta: Gava Media.

Purbasari, M. (2015). Pengaruh Supervisi Akademik Terhadap Kinerja Mengajar Guru Di Sekolah Dasar. Journal Of Elementary Education, 4(1), 46-52.

Rosyidah, U. (2021). Peranan Pengawas Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Manajerial Kepala Madrasah Studi Kasus Di MI Widada Kabupaten Blitar. Manajerial: Jurnal Inovasi Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 1(2), 76-84.

Suhayati, I. Y. (2013). Supervisi Akademik Kepala Sekolah, Budaya Sekolah Dan Kinerja Mengajar Guru. Jurnal Administrasi Pendidikan, 17(1).

Sumarmi, S. (2011). Peningkatan Keterampilan Menentukan Jaring-Jaring Kubus Dan Balok Menggunakan Model Pembelajaran Kontekstual (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V Sd Negeri 2 Pluneng Kebonarum, Klaten Tahun Ajaran 2010/2011).

Suryawan, I. P. P., Hartawan, I. G. N. Y., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2019). MEDIA MANIPULATIF PECAHAN BERBASIS MONTESSORI (Identifikasi Kebutuhan Dan Desainnya Di SD Gugus VI Kecamatan Baturiti). WIDYA LAKSANA, 8(2), 125-138.

Downloads

Published

2021-12-23