Editorial Policies

Focus and Scope

The aim of this journal publication is to disseminate the conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the area of community services. ABSYARA particularly focuses on the main problems in the development of the sciences of community services areas as follows:

  • Education
  • Science
  • Technology
that can be used to solve social issues, public health, economics, entrepreneurship, and community development
 

 

Section Policies

Vol. 1 No. 1

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed

Vol. 1 No. 2

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed

Vol. 2 No. 1

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed

Vol. 2 No. 2

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

Every article that goes to the ABSYARA journal will be reviewed by the reviewer in accordance with the theme of the article. Reviewers are unaware of the identity of the authors, and authors are also unaware of the identity of reviewers (double-blind/blind peer-review method). Reviewers are given four weeks to review the assigned article. The editorial team will give a decision to accept or reject the article based on the results of the review conducted by the reviewer. If the reviewers give recommendations that are significantly different, the editor will assign 1 (one) additional reviewer to be considered in giving a decision on the article. The language used in this journal is English or Indonesia.

The author is expected to pay attention to the following points before entering the article in the ABSYARA:

  1. Articles are not the result of the plagiarism of other people's articles. ABSYARA will ensure that every published article will not exceed 20% similarity Score (Articles found with plagiarism more than 20% are automatically rejected and authors are advised if the article has a similarity (below or equal to 20%). Plagiarism screening will be conducted by Editorial Board using Turnitin® Plagiarism Checker.
  2. The article entered is never published and is not in the process of being published in another journal.
  3. The submitted articles are adjusted to the ABSYARA journal template.

Peer review is designed to assess the contribution, validity, relevance, quality, and often the originality of articles for publication. Its ultimate purpose is to maintain the integrity of science by filtering out invalid or poor-quality articles.

From a publisher’s perspective, peer review functions as a filter for content, directing better quality articles to better quality journals and so creating journal brands.

Running articles through the process of peer review adds value to them. For this reason, publishers need to make sure that peer review is robust.

The reviewer can state the following four views for the submitted manuscript:

  • Acceptance for publication
  • Acceptance for publication after minor revision (it is decided after revisions are checked by the editorial board)
  • Reviewing again after the major revision is done. After revision is made by the writers of the study, it is evaluated for the second tour.
  • It is not published (rejection)

After the reviewers’ evaluation is completed, views of the Reviewer are examined for at least two weeks by editors and field editors.

Editors and field editors give the final decision for the study by taking into consideration of views and suggestions of the Reviewer. The final decision is sent to the author.

Editor Feedback

"Pointing out the specifics about flaws in the paper’s structure is paramount. Are methods valid, is data clearly presented, and are conclusions supported by data?” (Editor feedback)

“If an editor can read your comments and understand clearly the basis for your recommendation, then you have written a helpful review.” (Editor feedback)

Peer Review at Its Best

What peer review does best is to improve the quality of published papers by motivating authors to submit good quality work – and helping to improve that work through the peer-review process. 

In fact, 90% of researchers feel that peer review improves the quality of their published papers (University of Tennessee and CIBER Research Ltd, 2013).

 

 

Publication Frequency

ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat regularly published twice a year:

  • Issue  1: JULY
  • Issue  2: DECEMBER
 

 

Open Access Policy

This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.

 

Archiving

This journal utilizes the LOCKSS system to create a distributed archiving system among participating libraries and permits those libraries to create permanent archives of the journal for purposes of preservation and restoration. More... 

 

Guidance for Editors

Editor sebagai salah satu user pada Jurnal ABSYARA memiliki peranan penting dalam menjaga kualitas pengelolaan jurnal. Oleh karena itu, Jurnal ABSYARA membuat panduan bagi editor yang mengacu kepada panduan bagi editor yang direkomendasikan oleh Committee on Publication Ethics (COPE). Berikut ini beberapa hal yang harus dipertimbangkan oleh editor dalam meninjau suatu naskah yaitu:

  1. Apakah penelitian ilmiah valid dan disajikan dengan jelas; misalnya apakah ukuran sampel memadai? apakah hasil disajikan secara memadai dan dijelaskan secara jelas? apakah peneliti mempertimbangkan mempertimbangkan faktor bias yang mungkin terjadi? apakah studi ini berkontribusi cukup terhadap pengembangan ilmu pengetahuan dan dapat diterima?
  2. Apakah tidak ada pelanggaran etika dalam proses penelitian maupun penulisan naskah?
  3. Apakah naskah memiliki manfaat yang lebih besar daripada kerugiannya?
  4. Jika ada keraguan tentang hukum atau peraturan tertentu, editor harus mengklarifikasi ini dengan penulis dan minta mereka untuk memberikan surat dari komite etika penelitian individu atau etika penelitian di suatu instansi.

Editor juga harus mempertimbangkan apakah naskah yang dikirim penulis sudah memenuhi focus and scope, panduan dan template penulisan artikel pada Jurnal ABSYARA. Disamping itu, editor juga harus mengecek tingkat similarity suatu naskah dengan menggunakan software  Plagiarism Checker X, atau yang lainnya.

 

Ethical Guidelines for Peer Reviewers

Reviewer sebagai salah satu user pada Jurnal ABSYARA memiliki peranan penting dalam menjaga kualitas dan integritas suatu naskah yang masuk ke Jurnal ABSYARA. Oleh karena itu, Jurnal ABSYARA membuat panduan bagi reviewer yang mengacu kepada panduan bagi reviewer yang direkomendasikan oleh Committee on Publication Ethics (COPE). Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan menjadi seorang reviewer yaitu:

  1. Bertanggungjawab secara profesional 
  2. Objektif
  3. Ketepatan waktu dalam mereview

Selanjutnya, selama proses review, reviewer harus memperhatikan beberapa hal berikut:

  1. Langkah awal: Baca naskah, file data pelengkap (jika ada), dan materi tambahan secara menyeluruh (jika ada), kembalilah ke jurnal jika ada yang tidak jelas dan meminta sesuatu tidak lengkap yang Anda butuhkan. Jangan hubungi penulis secara langsung tanpa izin jurnal. 
  2. Kerahasiaan: Hormati kerahasiaan proses review dan hentikan penggunaan informasi yang diperoleh selama proses review untuk keuntungan Anda sendiri atau orang lain, atau merugikan atau mendiskreditkan orang lain Jangan melibatkan orang lain dalam review naskah tanpa terlebih dahulu mendapatkan izin dari jurnal.

  3. Bias dan kepentingan: Reviewer harus berlaku adil, objektif dan tidak boleh rasis. Jika Anda tidak cocok dengan naskah yang ditugaskan oleh editor, sebaiknya informasikan ke editor mengenai hal tersebut agar naskah tersebut direview oleh reviewer lain yang sesuai dengan bidangnya.

  4. Kecurigaan pelanggaran etika: Jika Anda menemukan ketidakberesan sehubungan dengan penelitian dan etika publikasi, informasikan kepada jurnal. Misalnya, Anda mungkin memiliki kekhawatiran bahwa kesalahan terjadi selama penelitian atau penulisan dan penyerahan naskah, atau Anda mungkin melihat kemiripan substansial antara naskah dan pengiriman bersamaan ke jurnal lain atau artikel yang dipublikasikan atau masalah etika lainnya, hubungi editor secara langsung mengenai hal tersebut dan jangan mencoba untuk menyelidiki sendiri. Adalah tepat untuk bekerja sama dengan jurnal, tetapi tidak secara pribadi menyelidiki lebih lanjut kecuali jurnal meminta informasi tambahan atau saran.

  5. Pengalihan review: Jika Anda sudah mereview suatu artikel di jurnal lain dan artikel tersebut ditolak dan dikirim ke Jurnal ABSYARA, maka Anda sebaiknya mereview kembali naskah tersebut, mungkin naskah sudah mengalami perbaikan dan Anda sudah mengetahui kekurangan naskah tersebut sebelumnya.

Sebelum meberikan komentar, ada beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu:

  1. Format: Ikuti petunjuk jurnal dalam memberikan komentar. Jika diperlukan format atau rubrik skor tertentu, gunakan alat yang disediakan oleh jurnal. Anda harus obyektif dan konstruktif dalam memberikan komentar, berikan umpan balik yang akan membantu penulis untuk memperbaiki naskah mereka. Bersikaplah profesional dan tidak bersikap memusuhi atau meradang dan dari membuat komentar pribadi yang mencemarkan atau menghina penulis.
  2. Umpan balik yang tepat: Ingatlah bahwa editor memerlukan penilaian yang adil, jujur, dan tidak bias terhadap kekuatan dan kelemahan naskah. Anda sebaiknya memberikan rekomendasi apakah naskah tersebut diterima/direvisi/ditolak; setiap rekomendasi harus sesuai dengan komentar yang diberikan dalam ulasan. Pastikan komentar dan rekomendasi Anda kepada editor konsisten dengan laporan Anda untuk penulis.
  3. Bahasa dan gaya: gunakan bahasa dan gaya penulisan yang dapat difahami oleh penulis dan editor.
  4. Saran untuk pekerjaan lebih lanjut: Anda harus memberikan saran jika ada sesuatu hal yang keliru atau tidak ada dalam naskah sehingga penulis akan menambahkan informasi yang Anda maksudkan tersebut.
  5. Akuntabilitas: Jangan membuat komentar negatif yang tidak adil atau termasuk kritik yang tidak dibenarkan. Jangan menyarankan penulis menyertakan kutipan karya Anda (atau rekan kerja) hanya untuk meningkatkan jumlah kutipan atau untuk meningkatkan visibilitas pekerjaan Anda atau rekan Anda; saran harus didasarkan pada alasan akademis yang valid. Jangan sengaja memperpanjang proses review, baik dengan menunda pengiriman review Anda atau dengan meminta informasi tambahan yang tidak perlu dari jurnal atau penulis.

 

Publication Ethics

Jurnal ABSYARA adalah kumpulan artikel mahasiswa, dosen, praktisi, dan yang lainnya pada kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) di bidang Pendidikan, Sains, dan Teknologi, dimana setiap artikelnya merupakan naskah asli, tidak mengandung unsur plagiarisme, tidak diterbitkan secara berganda, dan telah melalui proses peer review untuk memastikan kualitas artikel, serta Tim penyunting tidak mengungkapkan informasi pribadi apa pun tentang naskah kepada siapa pun selain penulis, dan menjunjung tinggi obyektivitas dalam membuat keputusan menerbitkan artikel.

Kode Etik Publiksi dan Kepengarangan (Authorship)

  1. Semua artikel  yang dikirim harus melalui proses peer-review oleh dua reviewer yang ahli pada bidangnya
  2. Semua artikel yang telah di submit di Jurnal ABSYARA akan dicek  tingkat relevansi, keasliannya, tata cara penulisannya, dan bahasa.
  3. Keputusan yang diambil adalah artikel tersebut diterima, diterima dengan revisi, atau ditolak
  4. Jika penulis didorong untuk merevisi dan mengirimkan kembali artikel tersebut, kemungkinan ada jaminan hasil revisi tersebut dapat diterima.
  5. Artikel yang ditolak tidak akan ditinjau ulang.
  6. Penerimaan artikel dibatasi oleh persyaratan hukum yang akan berlaku terkait pencemaran nama baik, pelanggaran hak cipta, dan plagiarisme.

Tanggung Jawab Penulis (author)

  1. Penulis harus menyatakan bahwa naskah mereka adalah karya asli mereka.
  2. Penulis harus menyatakan bahwa naskah tersebut sebelumnya belum pernah diterbitkan di tempat lain.
  3. Penulis harus menyatakan bahwa naskah tersebut saat ini tidak dipertimbangkan untuk dipublikasikan di tempat lain.
  4. Penulis harus berpartisipasi dalam proses peer review.
  5. Penulis diwajibkan untuk melakukan pencabutan atau koreksi kesalahan.
  6. Penulis harus menyatakan bahwa semua data dalam makalah ini nyata dan asli.
  7. Penulis harus memberi tahu Redaksi tentang konflik kepentingan.
  8. Penulis harus mengidentifikasi semua sumber yang digunakan dalam pembuatan naskah mereka.
  9. Penulis harus melaporkan kesalahan apa pun yang mereka temukan dalam makalah yang diterbitkan kepada Editor.

Tanggung Jawab Reviewer

  1. Reviewer harus merahasiakan semua informasi tentang makalah dan memperlakukannya sebagai informasi istimewa.
  2. Ulasan harus dilakukan secara objektif, tanpa kritik pribadi dari penulis
  3. Reviewer harus mengekspresikan pandangan mereka secara jelas dengan argumen yang mendukung
  4. Reviewer harus mengidentifikasi karya yang diterbitkan relevan yang belum dikutip oleh penulis.
  5. Reviewer juga harus meminta agar Editor in Chief memperhatikan adanya kesamaan substansial atau tumpang tindih antara naskah yang sedang dipertimbangkan dan artikel lain yang diterbitkan yang memiliki pengetahuan pribadi.

Tanggung Jawab Editor

  1. Editor memiliki tanggung jawab dan wewenang penuh untuk menolak / menerima artikel.
  2. Editor bertanggung jawab atas isi dan kualitas publikasi secara keseluruhan.
  3. Editor harus menjamin kualitas artikel dan integritas catatan akademik.
  4. Editor harus menerbitkan halaman yang salah atau melakukan koreksi bila diperlukan.
  5. Editor harus memiliki gambaran yang jelas tentang sumber dana penelitian.
  6. Editor harus mendasarkan keputusan mereka hanya pada satu kepentingan, keaslian, kejelasan, dan relevansi makalah dengan ruang lingkup publikasi.
  7. Editor tidak boleh membalikkan keputusan mereka atau membatalkan keputusan editor sebelumnya tanpa alasan serius.
  8. Editor harus menjaga kerahasiaan reviewer.
  9. Editor harus memastikan bahwa semua materi penelitian yang mereka terbitkan sesuai dengan pedoman etika yang diterima secara internasional.
  10. Editor seharusnya hanya menerima makalah jika cukup yakin.
  11. Editor harus bertindak jika mereka mencurigai adanya pelanggaran, apakah sebuah makalah diterbitkan atau tidak diterbitkan, dan melakukan semua upaya yang masuk akal untuk tetap mendapatkan resolusi untuk masalah tersebut.
  12. Editor tidak boleh menolak artikel berdasarkan kecurigaan, mereka harus memiliki bukti pelanggaran.

Tanggung Jawab Pengelola Jurnal

  1. Menentukan nama jurnal, lingkup keilmuan, keberkalaan, dan akreditasi apabila diperlukan.
  2. Menentukan keanggotaan dewan editor.
  3. Mendefinisikan hubungan antara penerbit, editor, mitra bestari, dan pihak lain dalam suatu kontrak.
  4. Menghargai hal-hal yang bersifat rahasia, baik untuk peneliti yang berkontribusi, penulis, editor, maupun mitra bestari.
  5. Menerapkan norma dan ketentuan mengenai hak atas kekayaan intelektual, khususnya hak cipta.
  6. Melakukan telaah kebijakan jurnal dan menyampaikannya kepada penulis, dewan editor, mitra bestari, dan pembaca.
  7. Membuat panduan kode berperilaku bagi editor dan mitra bestari.
  8. Mempublikasikan jurnal secara teratur.
  9. Menjamin ketersediaan sumber dana untuk keberlanjutan penerbitan jurnal.
  10. Membangun jaringan kerja sama dan pemasaran.
  11. Mempersiapkan perizinan dan aspek legalitas lainnya.

 

Author Fees

This journal charges the following author fees.

Article Publication: 150.000 (IDR)
If this paper is accepted for publication, you will be asked to pay an Article Publication Fee to cover publications costs.