PENDISTRIBUSIAN MEDIA PEMBELAJARAN DI SDN 2 RARANG BATAS

Authors

  • hadiatul rodiyah
  • Susilawati Susilawati
  • Abdullah Abdullah
  • Rohyana Fitriani
  • Rifa'atul Mahmudah
  • Zohrani Zohrani

Abstract

Di lombok timur masih ditemui keterbatasan media pembelajaran yang ada, termasuk di SDN 2 Rarang Batas. Dalam penyelenggaraan proses pembelajaran di sekolah, media pembelajaran merupakan salah satu unsur yang sangat penting. Media pembelajaran dianggap sebagai alat yang dapat membantu proses belajar mengajar dan berfungsi untuk memperjelas makna pesan yang disampaikan, sehingga dapat tercapainya tujuan pembelajaran. Di SDN 2 Rarang Batas guru menggunakan metode pengajaran yang konvensional, yakni metode ceramah yang sebenarnya untuk saat ini metode tersebut sangat tidak efektif dalam proses belajar mengajar. Berdasarkan dari permasalahan tersebut kelompok kami berinisiatif untuk mendistribusikan serta mengaplikasikan media pembelajaran yang ada di lab PGSD. Media yang kami akan distribusikan serta coba di SDN 2 Rarang Batas adalah media pembelajaran Mengenal Struktur dan Fungsi Kulit Manusia. Setelah pelaksaanaan pendistribusian media belajar dilakukan, terdapat perubahan yang terkait keaktifan belajar, antusias belajar siswa serta proses belajar yang menyenangkan. Proses pembelajaran tidak lagi bersifat konvensional melainkan menjadi pembelajaran yang menyenangkan. Penggunaan media pembelajaran interaktif dalam menyampaikan Struktur dan Fungsi Kulit Manusia dikelas 6 SDN 2 Rarang Batas terbukti berhasil memberikan dampak yang baik bagi proses dan hasil belajar siswa, diantaranya : 1). Mampu menciptakan proses belajar menjadi lebih menyenangkan dan mudah diterima oleh siswa, 2) penggunaan media pembelajaran terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Karena itu, pengembangan media pembelajaran yang baik dan interaktif perlu dikembangkan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa.

Kata Kunci : Belajar;  Distribusi; Media; Pembelajaran;

References

Arsyad, Azhar. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Cahyadi, A. (2019). Pengembangan Media dan Sumber Belajar. Banjarmasin: Penerbit Laksita Indonesia.

Cecep Kustandi, Media Pembelajaran Manual dan Digital, (Bogor: Ghalia Indonesia, 2011), hal. 8.

Harjito. (2014). Media Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Haryono, Anung. (2014). Media Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Putria, Aditin. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: Remaja Rosdakarya

Rahardjo, R. (2014). Media Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.Setiawan, Achmad. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sadiman, Arief S. (2014). Media Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.Sulo, La, S, l. (2005). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Suryani, Nunuk. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Published

2023-07-30