Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru melalui pelatihan Strategi Pembelajaran Inovatif

Authors

  • Rabihatun Adawiyah
  • rohyana fitriani Universitas Hamzanwadi
  • Nur Adiyah Yuliastri
  • Baiq Shofa Ilhami

Keywords:

Kompetensi Guru, Strategi Pembelajaran Inovatif

Abstract

Peran pendidik dalam menjadikan peserta didik yang berwawasan luas dan berkarakter sangat penting. Sehingga kualitas pendidik sangat diperhatikan demi terciptanya peserta didik yang diharapkan. Ada beberapa syarat agar sesorang bisa dikatakan pendidik. Mengingat peranan strategis guru dalam setiap upaya peningkatan mutu, relevansi, dan efisiensi pendidikan, maka dikenal dengan adanya peningkatan dan pengembangan aspek kompetensi profesional guru. Hal tersebut tentu saja tidak luput dari dasar bahwa peningkatan dan pengembangan aspek kompetensi profesional guru merupakan suatu kebutuhan dan keharusan yang dimiliki oleh ranah pendidikan di Indonesia ini. Benar bahwa mutu pendidikan bukan hanya ditentukan oleh guru semata yang menjadi pelaku utama proses pendidikan, melainkan juga oleh beberapa komponen pendidikan lainnya, seperti kualitas dan karakteristik input, lingkungan serta sarana dan prasarana. Namun demikian, tidak dapat dipungkiri bahwa faktor guru merupakan faktor yang dominan dalam menghasilkan mutu lulusan. Diduga salah satu faktor guru yang menyebabkan rendahnya mutu lulusan adalah rendahnya kompetensi guru. Sejatinya guru merupakan organisator pertumbuhan pengalaman siswa, yang bertugas merancang pembelajaran yang tidak semata-mata hanya menyentuh aspek kognitif saja, tetapi juga mengembangkan aspek kognitif dan sikap. Maka dari itu guru harus kaya akan pengalaman dan mampu mentransformasikan pengalamannya itu pada siswa dengan cara yang variatif dan inovatif

References

Auliyalloh, A. Q., & Rakhman, A. (2020). MEDIA PEMBELAJARAN STEAM UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS BERBAHAN LOOSE PARTS DI KELOMPOK B TK KASIH IBU. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 3(6), 553–558.

Azizah, U., Suyono, S., & Yonata, B. (2017). PENINGKATAN KOMPETENSI GURU KIMIA MELALUI PELATIHAN MODEL-MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF DI BANYUWANGI. Jurnal ABDI: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 91–95.

Musfah, J. (2012). Peningkatan kompetensi guru: Melalui pelatihan dan sumber belajar teori dan praktik. Kencana.

Pujianti, Y. (2019). PROGRAM PELATIHAN PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SAINS ANAK USIA DINI SESUAI KURIKULUM BERBASIS BERMAIN PADA PENDIDIK PAUD KELURAHAN DUREN SAWIT JAKARTA TIMUR. Prosiding Pengabdian, 1(1), 1–7.

Sudrajat, A. (2008). Pengertian pendekatan, strategi, metode, teknik, taktik, dan model pembelajaran. Online)(Http://Smacepiring. Wordpress. Com).

Downloads

Published

2023-07-30