Pelatihan Pembuatan Nata De Coco Untuk Meningkatkan Minat Kewirausahaan Mahasiswa Pgsd Universitas Hamzanwadi

Authors

  • Dina Fadilah Universitas Hamzanwadi
  • Nila Hayati Fakultas Matematika dan IPA Universitas Hamzanwadi
  • Burhanuddin Burhanuddin Universitas Hamzanwadi

Keywords:

minat kewirausahaan, nata de coco

Abstract

Salah satu tantangan berat yang dihadapi oleh bangsa Indonesia dewasa ini adalah jumlah pengangguran yang sangat besar serta berdasarkan data jumlah pengangguran yang ada, ternyata pengangguran dari kalangan terdidik menunjukkan kecenderungan meningkat. Pilihan status pekerjaan utama para lulusan perguruan tinggi adalah sebagai karyawan pada instansi atau perusahaan dengan menerima upah atau gaji. Ini menggambarkan betapa pola pikir untuk menjadi wirausaha di kalangan mahasiswa  khususnya mahasiswa PGSD Universitas Hamzanwadi  masih sangat kecil. Adapun tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman tentang pemanfaaatan dari komposisi buah kelapa khususnya limbah dari air kelapa dan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mahasiswa PGSD dalam memanfaatkan limbah air kelapa menjadi produk bernilai  jual tinggi berupa nata de coco. Kegiatan  ini  dilakukan  melalui  pelatihan kepada mahasiswa dengan metode ceramah, diskusi, dan dilanjutkan dengan praktek. Sesuai dengan tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini, maka mahasiswa PGSD yang mengikuti pelatihan ini memiliki pandangan baru tentang masa depannya bahwa walaupun mereka seorang sarjana pendidikan namun mereka juga mampu untuk mengembangkan bidang kewirausahaan  dengan  memanfaatkan  limbah-limbah  yang tidak  terpakai  di  sekitar. Kegiatan berlangsung lancar dan mahasiswa terlihat antusias mengikuti kegiatan pelatihan ini. Setelah 2 minggu masa inkubasi, tepatnya tanggal 14 Januari 2017 mahasiswa bisa memanen nata de coco yang dibuat

References

Astawan, M., 2004.Nata De Coco Yang Kaya Serat. Kompas:10.

Indriati, L., dan Rahimi, E., 2008. Pengaruh Penambahan Gula dan Amonium Sulfat Pada Medium Kulit Pisang Terhadap Pertumbuhan dan Sifat Mekanik Bioselulosa.Majalah Polimer Indonesia Vol.11 No.1.

Krieg, N.R., Don, J.B., dan James, T. Staley, 1984. Bergeys Manual of Systematic Bacteriology Second Edition Volume II The Proteobacteria. Springer. USA.

Layuk, P., Salamba, H., Djuri, R., 2007. Perbaikan Teknologi Pengolahan Nata De Coco Di Tingkat Petani.Seminar Regional Inovasi Teknologi Pertanian. Balai Pengkajian Teknologi Pertanian. Sulawesi Utara.

Multazam, A. M., 2009. Ada Apa Dengan Pisang. http://sammultazam.blogspot. com/2009_02_01_archive.html.Di akses pada tanggal 30 September 2011.

Nurlina, R., 2006. Pembuatan “Nata De Coco†dari Sari Limbah Kulit Pisang dalam Beberapa Konsentrasi dengan Bakteri A. xylinum. Jurusan Farmasi Universitas Hasanuddin. Makassar.

Palungkun, R., 1996. Aneka Produk Olahan Kelapa. Penebar Swadaya. Jakarta.

Riyadi, S., 1987.Telaah Mengenai Mikroba yang Berperan dalam Pembuatan Nata De Coco. Jurusan Biologi Fakultas MIPA IPB. Bogor.

Salim, E., dan Ryan, M., 2011.Menjadi Wirausahawan Sukses Berkat Bisnis Nata De Coco.Citra Aji Parama. Yogyakarta

Sudar, Hasnidar. 2006. Uji Pengaruh Lama Fermentasi Terhadap Sifat Fisik Lapisan Tipis Nata De Coco.Jurusan Farmasi Fakultas MIPA Universitas Hasanuddin.Makassar.

Wahyudi. 2003. Memproduksi Nata De Coco. Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan. Departemen Pendidikan Nasional.

Yoshinaga, F., Tonouchi, N., dan Watanabe, K., 1997.Research Progress in Production pf Bacterial Cellulose by Aeration and Agitation Culture and Its Aplication as a New Indistrial Material.Biosci.Biotech.Biochem. 61:219-224.

Downloads

Published

2020-03-05