PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PENGGUNAAN APLIKASI MANDELEY DALAM PENYUSUNAN KARYA TULIS ILMIAH UNTUK MAHASISWA TINGKAT AKHIR PGSD UNIVERSITAS HAMZANWADI

Authors

  • Musabihatul kudsiah Universitas Hamzanwadi
  • Mijahamuddin alwi Universitas Hamzanwadi
  • Habibuddin Habibuddin Universitas Hamzanwadi
  • Muh Yazid Universitas Hamzanwadi
  • Arif rahman hakim Universitas Hamzanwadi
  • Dina Fadilah Universitas Hamzanwadi
  • Burhanuddin Burhanuddin Universitas hamzanwadi
  • Dina Apriana

Keywords:

karya tulis ilmiah, mendeley, pelatihan,

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan, kemampuan menulis dan produktivitas mahasiswa dalam menyusun karya ilmiah menggunakan aplikasi mendeley. Mendeley merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk membantu seseorang dalam penyisipan, penulisan, dan pemormatan sitase atau citation. Perangkat ini sangat berguna bagi penggunanya terutama mahasiswa yang sudah tingkat akhir dalam pembuatan daftar referensi, namun pada kenyataannya masih banyak yang belum mengetahui aplikasi Mendeley begitu juga dengan manfaat-manfaat yang diberikannya. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian ini meliputi sosialisasi, pelatihan dan pendampingan. Pada tahap sosialisai dilakukan penyampaian konsep materi mengenai teknik sitasi menggunakan mendeley secara cepat dan praktis. Kemudian untuk tahapan kedua Pelatihan (Workshop) dan pendampingan, metode ini digunakan untuk mencapai tujuan yang telah dirumuskan, pada metode ini mahasiswa dibimbing bagaimana cara mengistal dan mengaplikasikan/ mengimplementasikan langsung penggunaan aplikasi mendeley. Hasil hasil diskusi sebelum pelatihan dinyatakan bahwa 90% mahasiswa belum mengenal, memahami cara mencari dan memasukkan referensi dan sitasi menggunaan software Mendeley, sementara jika dilihat dari hasil pelatihan setelah diberikan materi, praktek serta pendampingan mahasiswa dinyatakan 100% dengan sangat mudah mengimplementasikan materi yang telah didapatkan dengan mengoperasikan aplikasi Mendeley secara langsung.

References

Agustiana, I. G. A. T., Tika, I. N., & Wibawa, I. M. C. (2018). Pelatihan Membuat Daftar Isi dan Daftar Pustaka dengan Sekali Klik Berbantuan Mendeley Bagi Para Dosen PTS dalam Menyusun Artikel dan Laporan Penelitian Se-Kabupaten Buleleng. Ngayah: Majalah Aplikasi IPTEKS, 9(1).

Alwi, M., Kudsiah, M., Hakim, A. R., Jauhari, S., & Rahmawati, B. F. (2021). Pendampingan pembuatan Sistem Biopori dalam menanggulangi masalah limbah rumah tangga Desa Tebaban. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(2), 291–300.

Hanafiah, A., Nasution, H. O., Noviasari, H., Wandri, R., & Mardafora, J. (2022). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Mendeley untuk Penulisan Karya Ilmiah Bagi Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Riau. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Penerapan Ilmu Pengetahuan, 3(2), 14–17.

Handayani, I., Febriyanto, E., & Yudanto, T. A. (2019). Pemanfaatan indeksasi mendeley sebagai media pengenalan jurnal STT Yuppentek. Technomedia Journal, 3(2 Februari), 235–245.

Hidayatullah, M. R., Saputra, S. Y., & Anam, K. (2022). Pelatihan Manajemen Referensi “Mendeley” pada Mahasiswa Tingkat Akhir Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat. Abdinesia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 24–27.

Kusworo, K., Hamda, N., Rahayu, P. Y., Gunawan, H. I., & Jaya, F. (2020). Pelatihan Manajemen Referensi Mendeley Bagi Peneliti di Provinsi Banten. Indonesian Journal of Society Engagement, 1(2), 183–193.

Lumbantobing, K. N., Harahap, S. W., & Panjaitan, B. (2022). Pendampingan dan Pelatihan Penggunaan Software Mendeley Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karya Ilmiah Mahasiswa. Jurnal Abdimas Mutiara, 3(1), 340–352.

Manik, A. (2022). Penggunaan Aplikasi Mendeley Dalam Penulisan Skripsi Oleh Mahasiswa Program Studi Kimia Fakultas Sains Dan Teknologi UIN Ar-Raniry Banda Aceh. UIN Ar-Raniry Fakultas Adab dan Humaniora.

Misa, M., & Lasi, F. (2022). Pelatihan penggunaan mendeley dalam penulisan proposal dan skripsi bagi mahasiswa bahasa Inggris Universitas Timor. Jurnal Pengabdian Sains Dan Humaniora, 1(1), 34–41.

Perdana, F. J. (2020). Pelatihan Membuat Daftar Pustaka Otomatis Dengan Aplikasi Mendeley Desktop Bagi Mahasiswa Dalam Persiapan Penyusunan Tugas Akhir. Dimasejati: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 75–93.

Touwely, S. (2020). Sirih pinang sebagai simbol pemersatu keluarga (suatu kajian pemaknaan budaya sirih pinang dalam konteks masyarakat Riring, Kecamatan Taniwel). NOUMENA: Jurnal Sosial Humaniora Dan Keagamaan, 1(1), 12–27.

Published

2023-07-30