Pelatihan Sensory Part Untuk Pengembangan Matematika AUD

Authors

  • Zuhud Ramdani (ID Scopus: 57217989564) Universitas Hamzanwadi
  • Rabihatun Ada
  • Moh Alwi Ashari

Abstract

Bermain matematika bagi anak usia dini merupakan kegiatan yang dirancang untuk mengenal konsep matematika permulaan dengan cara bermain dan menyenangkan. Keseharian anak sangat dekat dengan matematika. Namun banyak yang memahami bahwa matematika hanya tentang angka, penjumlahan dan pengurangan saja, padahal ada banyak konsep matematika permulaan yang perlu dikenalkan kepada anak sejak dini. Hampir semua aspek kehidupan manusia berhubungan dengan matematika. Kompetensi inti yang berkembang pada anak melalui kegiatan bermain matematika itu antara lain : Anak mampu memecahkan masalah, menalar, membuktikan, menghubungkan, menentukan alat dan strategi pemecahan masalah Mengkomunikasikan pemikiran dengan menggunakan benda-benda konkrit dalam mengenal lambang bilangan Anak juga mampu melakukan pengukuran dan membandingkan objek , ruang, bentuk dan letak Anak mampu memahami dan membuat pola. Aktivitas bermain bagi anak membutuhkan berbagai alat permainan yang mengandung unsur atau nilai edukatif. Ini diupayakan agar tercipta proses belajar yang menyenangkan sehingga indicator pembelajaran terhadap apa yang harus dicapai anak akan terwujud, dalam hal ini maka perlu diupayakan penggunaan alat permainan yaitu dengan pengembangan media atau permainan kreatif berupa media Sensory Path dengan menggunakan kelompok usia 5-6 tahun.

Downloads

Published

2024-01-28