Pemanfaatan Aplikasi Berbasis Android Untuk Pembuatan Produk Multimedia Pembelajaran Di SMK Assiddiqi Lenek

Authors

  • Yuniar Lestarini
  • Zalia Muspita
  • Burhanuddin Burhanuddin

Keywords:

Aplikasi berbasis android, Produk multimedia

Abstract

Kegiatan ini merupakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat, yang merupakan salah satu dari tridharma perguruan tinggi, pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan adaptasi masyarakat terhadap teknologi untuk dapat menghadapi transformasi digital yang terjadi secara terus menerus dan semakin cepat, kondisi tersebut menuntut adanya kesiapan dan bahkan adaptasi Kegiatan ini dilaksanakan dengan beberapa metode yaitu presentasi materi dan praktek. Pertama, metode presentasi dilakukan oleh dosen dengan topik “Aplikasi Berbasis Android Untuk Pembuatan Produk Multimedia Pembelajaran”. Keduanya menyampaikan materi secara interaktif, yakni dengan melibatkan peserta secara langsung saat materi disampaikan, sehingga peserta dimungkinkan menjawab dan bertanya langsung kepada pemateri. Selain presentasi pemateri juga menggunakan metode praktik yang dimana proses tersebut dibantu juga oleh 2 mahasiswa program studi PGSD yang juga ikut membimbing peserta. Adapun praktek yang dilakukan menggunakan media elektronik berupa handphone yang dimiliki oleh masing masing peserta. Praktek yang dilakukan memanfaatkan aplikasi Canva yang dapat dimanfaatkan secara gratis bagi siapapun. Adapun kegiatan tersebut sebagai berikut: Sosialisasi dimulai dari jam 09.00-11.00 WITA dengan pembahasan “Aplikasi Berbasis Android Untuk Pembuatan Produk Multimedia Pembelajaran” kami disambut dengan ramah oleh kepala sekolah beserta guru guru dan peserta didik yang akan mengikuti kegiatan sosialisi. Kegiatan ini dirangkai dengan kegiatan penyampaian materi dan diskusi atau Tanya jawab. Sebelum memulai kegiatan sosialisasi kami berbincang sedikit dengan kepala sekolah SMK Assiddiqi Lenek. Setelah berbincang mengenai antusias dari masyarakat sekolah dengan sosialisasi ini kami langsung menuju ruang yang telah disediakan yang ada disekolah dan langsung memulai presentasi atas materi yang dibawa. Setelah melakukan presentasi selanjutnya dilakukan praktek dengan menggunakan aplikasi Canva yang dapat diakses oleh siapapun dengan gratis. Untuk itu, pemanfatan android untuk menghasilkan produk mutimedia pembelajaran sekarang sudah dapat diakses oleh siapapun dan kapanpun melalui teknologi yang ada disekitar kita.

 

References

Amin, AK. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Berbentuk Aplikasi Android Berbasis Weblog Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika IKIP PGRI Bojonegoro, (Penelitian dilakukan pada Mata Kuliah Metode Statistika Tahun Ajaran 2014/2015). Jurnal MagistraNo. 94 Th. XXVII Desember 2015 ISSN 0215-9511.

Arsyad, Azhar. 2011. “Media Pembelajaran.”

Azis, Nur, Gali Pribadi, and Manda Savitrie Nurcahya. 2020. “Analisa Dan Perancangan Aplikasi Pembelajaran Bahasa Inggris Dasar Berbasis Android.” Ikraith-Informatika 4(3):1–5.

Ependi. 2015. Pemanfaatan Teknologi Berbasis Android sebagai Media Belajar Matematika Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Matrik Vol. 17 No. 2, Agustus 2015, hal. 109 -122.

Bungin, M.Burhan. 2009. Penelitian Kualitatif. Cetakan ke 3. Jakarta: Kencana.

Hair, Joseph F. Jr. et al. 2010, Multivariate Data Analysis 7th Edition. Pearson. Education Limited. Harlow. England.

Juraman, SR. 2014. Pemanfaatan Smartphone Android oleh Mahapeserta didik Ilmu Komunikasi dalam Mengakses Informasi Edukatif (Studi pada Mahapeserta didik Ilmu Komunikasi Fispol Unsrat). Journal Unsrat. Vol. III. No. 1. Tahun 2014

Kartono, Kartini, 1996, Pengantar Metodologi Riset Sosial, Bandung: Mandar Maju

Nuraeni, Ida. 2015. “Pengertian Media Penyuluhan Pertanian.” Media Penyuluhan Pertanian. Universitas Terbuka, Jember 1–30.

Mamentu. 2013. Manajemen Pendidikan dan Pengajar Pada SMA Negeri Remboken Kabupaten

Minahasa. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSR-JRME) Vol. 3, Issue 5. Nov–Dec. 2013, PP 58-66, e-ISSN: 2320–7388, p-ISSN: 2320–737X.

Marlinda, Linda. 2015. Pengaruh CD Education dan Animasi Berbasis Android Sebagai Alat Bantu Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik SMU IPA. Prosiding Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains 2015 (SNIPS 2015) tgl. 8 dan 9 Juni 2015, Bandung, Indonesia

Murtiwiyati. 2013. Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Budaya Indonesia untuk Anak Sekolah Dasar Berbasis Android. Jurnal Ilmiah Komputasi. Vol. 12, No. 2, Desember 2013, ISSN: 1412-9434.

Downloads

Published

2024-01-30