Edukasi Media Pembelajaran Berbasis STEAM (Sains, Tehnologi, Energy, Art and Math) di desa Korleko Selatan kecamatan labuhan Haji Lombok Timur

Authors

  • Zaotul Wardi
  • Nur Adiyah Yuliastri
  • Rabihatun Adawiyah
  • rohyana fitriani

Abstract

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi tentang media pembelajaran kepada guru-guru PAUD di desa Korleko. Salah satu metode yang dapat diajarkan yaitu metode STEAM (sains, tehnologi, engenery, art and math.  STEAM merupakan salah satu media pembelajaran yang sedang banyak dibicarakan oleh pakar pendidik. Keunggulan dari masing-masing kategori STEAM sangatlah banyak bagi para pendidik untuk menentukan sebuah pembelajaran yang dikemas secara menarik melalui satu media pembelajaran. STEAM  (Science,  Technology,  Engineering, Art and  Mathematic)  merupakan  inovasi  pembelajaran baru dalam menghadapi perkembangan jaman yang telah memasuki revolusi industri 4.0. STEAM merupakan sebuah komposisi yang dapat membentuk keterampilan berpikir ilmiah pada anak melalui berbagai kegiatan yang dikemas menjadi satu kesatuan. Dengan adanya kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa edukasi pembuatan media pembelajaran berbasis STEAM berbahan Loose part ini diharapkan guru-guru khususnya di desa Korleko Selatan kecamatan Labuhan Haji lebih termotivasi lagi dan lebih memiliki kreatifitas dalam menyiapkan media pembelajaran untuk anak usia dini

References

Azizah, U., Suyono, S., & Yonata, B. (2017). PENINGKATAN KOMPETENSI GURU KIMIA MELALUI PELATIHAN MODEL-MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF DI BANYUWANGI. Jurnal ABDI: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 91–95.

Fauziah, N. W. (2022). Penerapan Metode Belajar STEAM dengan Bahan Loose Parts untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. Tematik: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 1(1), 40–45.

Helmi, J. (2015). Kompetensi Profesionalisme Guru. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 7(2), 318–336.

Musfah, J. (2012). Peningkatan kompetensi guru: Melalui pelatihan dan sumber belajar teori dan praktik. Kencana.

Pujianti, Y. (2019). PROGRAM PELATIHAN PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SAINS ANAK USIA DINI SESUAI KURIKULUM BERBASIS BERMAIN PADA PENDIDIK PAUD KELURAHAN DUREN SAWIT JAKARTA TIMUR. Prosiding Pengabdian, 1(1), 1–7.

Purwaningsih, P., Munawar, M., & Hariyanti, D. P. D. (2022). Analisis Pembelajaran Lingkungan Sosial Berbasis STEAM pada Anak Usia Dini. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 13–23.

Rosidah, L. (2014). Peningkatan kecerdasan visual spasial anak usia dini melalui permainan maze. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 8(2), 281–290.

Sudrajat, A. (2008). Pengertian pendekatan, strategi, metode, teknik, taktik, dan model pembelajaran. Online)(Http://Smacepiring. Wordpress. Com).

Downloads

Published

2024-01-30