Pendampingan Dan Pelatihan Penggunaan Kit Ipa SD Di Gugus Tebaban

Authors

  • Mijahamuddin Alwi Universitas Hamzanwadi
  • Muhammad Sururruddin Universitas Hamzanwadi
  • Arif Rahman Hakim
  • Musabihatul Kudsiah Unviersitas Hamzanwadi
  • Dina Fadilah Universitas Hamzanwadi

Keywords:

pendampingan, pelatihan, KIT IPA

Abstract

Mengembangkan keterampilan proses dan  sikap ilmiah merupakan tujuan dari Pendidikan IPA. Untuk mencapai tujuan tersebut pemerintah menyediakan fasilitas berupa KIT IPA. Namun berdasarkan hasil observasi bahwa belum semua guru SD mampu menggunakan nya. Mengatasi kendala tersebut Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Hamzanwadi mengadakan pendampingan dan pelatihan penggunaan KIT IPA dengan tujuan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru dalam memanfaatkan dan menggunakan KIT IPA. Kegiatan ini dilaksanakan dalam dua tahapan yaitu perencanaan dan pelaksanaan kegiatan. Hasil dari kegiatan ini adalah para guru memahami materi Konsep Alat peraga IPA Sebagai Alat bantu Pembelajaran, guru mampu membuat Lembar panduan percobaan IPA SD, Para guru mengenal semua alat KIT IPA dan mampu melakukan praktik Penggunaan KIT IPA SD dan Penerapannya dalam pembelajaran, meliputi percobaan tentang: energi, cahaya, kelistrikan, kemagnetan dan tumbuhan hijau. Kegiatan ini menunjukkan bahwa pentingnya bimbingan dan pelatihan dalam penggunaan KIT IPA kepada guru.

References

Adji, S. S., & Rokhiyah, I. (2011). KESENJANGAN ANTARA PERSEPSI DAN HARAPAN MAHASISWA PADA KEGIATAN TUTORIAL TATAP MUKA MATA KULIAH PRAKTIKUM IPA SD. Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 12(2), 100–108.

KE-X, S. N. P. I. P. A. (n.d.). KETERAMPILAN PROSES SAINS MAHASISWA PGSD-BI DALAM MELAKSANAKAN PRAKTIKUM CAHAYA-OPTIKA DENGAN MENGGUNAKAN KIT IPA SD. SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN IPA X 2018, 55.

Maryandi, R., Kresnadi, H., & Halidjah, S. (2013). Penggunaan KIT IPA pada materi energi panas terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD. Tanjungpura University.

Puspaniati, N. K., Suarni, N. K., & Widiana, I. W. (2014). PENGARUH MODEL CONTEKTUAL THEACHING AND LEARNING BERBANTUAN MEDIA KIT IPA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV SD SIDETAPA. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1).

Rofiah, N. H. (2014). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis KIT untuk meningkatkan keterampilan proses dasar IPA di MI/SD. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 6(2).

Rosnita, M. (2016). KETERAMPILAN GURU DALAM MELAKSANAKAN PRAKTIKUM DENGAN MENGGUNAKAN KOMPONEN INSTRUMEN TERPADU (KIT) IPA SD. Jurnal Pengajaran MIPA, 21(1), 103–106.

Satria, E., & Sari, S. G. (2018). Penggunaan Alat Peraga dan KIT IPA oleh Guru dalam Pembelajaran di Beberapa Sekolah Dasar di Kecamatan Padang Utara dan Nanggalo Kota Padang. IKRA-ITH HUMANIORA: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 2(2), 1–8.

Syawaludin, A., & Rintayati, P. (2016). Implementasi Pembelajaran POE (Predict, Observe, Explain) dengan Media KIT IPA SD untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa.

Downloads

Published

2020-10-24