Edukasi Orang Tua Dengan Pendekatan Andragogi Upaya Eliminasi Stunting Desa Denggen Timur

Authors

  • Matroatul Munawaroh Universitas Hamzanwadi
  • Abdullah Muzakkar FKIP Universitas Hamzanwadi, Indonesia
  • M Taufiqurrahman Universitas Hamzanwadi
  • Gusti Fahat Nawawi Universitas Hamzanwadi
  • Johaini Johaini Universitas Hamzanwadi

Keywords:

Edukasi Orang Tua, Pendekatan Andragogi, Stunting

Abstract

Stunting merupakan permasalahan yang semakin banyak ditemukan di Negara berkembang, termasuk Indonesia. Tujuan dari pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk mengedukasi orang tua tentang upaya eliminasi stunting di desa denggen timur dengan menggunakan pendekatan andragogi. Metode yang digunakan adalah (1)  Identifikasi Daerah Sasaran; .(2) Izin Pelaksanaan ; (3) Menyiapkan Modul dan Bahan Edukasi Stunting; (4) Pengadaan Program Edukasi Stunting (5)  Perencanaan Program Bersama Masyarakat (6) Sosialisasi Program dan Validasi Masyarakat; (7) Pelaksanaan dan Monitoring Program; dan (8) Evaluasi/ Laporan Program & RTL. Hasil pelaksanaan adalah Dengan terealisasinya program kreativitas ini dapat memenuhi target luaran yang kami harapkan yakni: tersedianya jadwal bimbingan belajar secara rutin, pembuatan poster sebgai media pembelajaran, tersedianya modul untuk mempermudah program yang dilaksanakan, mengadakan mitra kerjasama dengan Dinas Kesehatan, Tersedianya buku saku stunting, pembuatan artikel yang terpublish di jurnal Nasional, terbentuknya media informasi seperti Facebook, Instagram, WEB dan adanya Kelompok Peduli Gizi Anak (KPGA) yang berlokasi di Dusun Gunung Siup yang dikelola oleh Ibu-ibu peserta edukasi stunting.; Keberadaan Kelompok Peduli Gizi Anak diharapkan sebagai jawaban dari permasalahan dalam menurunkan angka stunting, serta memejemen Kelompok Peduli Gizi Anak dapat dikontrol serta mampu memberikan perhatian khusus kepada masyarakat sekitar, karena pengelolaannya langsung dikelola oleh Ibu-ibu peserta edukasi stunting yang sukarela membantu mengembangkan program ini secara berkelanjutan

References

Handayani, S., Kapota, W. N., & Oktavianto, E. (2019). Hubungan Status Asi Eksklusif Dengan Kejadian Stunting Pada Batita Usia 24-36 Bulan Di Desa Watugajah Kabupaten Gunungkidul. Medika Respati: Jurnal Ilmiah Kesehatan, 14(4), 287-300.

Illahi, R. K. (2017). Hubungan Pendapatan Keluarga, Berat Lahir, Dan Panjang Lahir Dengan Kejadian Stunting Balita 24-59 Bulan Di Bangkalan. Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan Rs. Dr. Soetomo, 3(1), 1-7.

Imud, R. A. (2016). Penerapan Pendekatan Andragogi Pada Proses Pembelajaran Program Pelatihan Rajut Di Rumah Pintar Mata Aksara. Jurnal Elektronik Mahasiswa Pend. Luar Sekolah-S1, 5(5), 86-93.

Naim, T. A., Afiah, N., Muliyana, D., & Risva, R. (2019). Tingkat Pendapatan, Metode Pengasuhan, Riwayat Penyakit Infeksi Dan Risiko Kejadian Stunting Di Kota Samarinda. Jurnal Nasional Ilmu Kesehatan, 2(1), 1-8.

Rasni, H., Susanto, T., Nur, K. R. M., & Anoegrajekti, N. (2019). Pengembangan Budaya Masak Abereng Dalam Peningkatan Status Gizi Balita Stunting Di Desa Glagahwero, Kecamatan Panti, Kabupaten Jember Dengan Pendekatan Agronursing. Journal Of Community Empowerment For Health, 1(2), 121-129.

Wibowo, H. S., Sutjipta, N., & Windia, I. W. (2018). Peranan Penyuluh Pertanian Lapangan (Ppl) Sebagai Fasilitator Dalam Penggunaan Metode Belajar Pendidikan Orang Dewasa (Andragogi)(Kasus Di Gapoktan Madani, Desa Sampalan Klod, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali). Jurnal Agribisnis Dan Agrowisata (Journal Of Agribusiness And Agritourism), 21-30.

Yasnani, Y., & Lestari, H. (2018). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Stunting Pada Balita Usia 24-59 Bulan Di Desa Wawatu Kecamatan Moramo Utara Kabupaten Konawe Selatan Tahun 2017. (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kesehatan Masyarakat), 3(2).

Zahara, R. (2020). Gambaran Pola Pemberian Makan Pada Anak Paud Yang Stunting Di Desa Sekip Kecamatan Lubuk Pakam. Wahana Inovasi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Uisu, 9(1), 183-192.

Zogara, A. U., Pantaleon, M. G., Loaloka, M. S., & Sine, J. G. L. (2020). Perbedaan Asupan Zat Gizi Saat Sarapan Pada Siswa Sekolah Dasar Stunting Dan Tidak Stunting Di Kota Kupang. Journal Of Nutrition College, 9(2), 114-120.

Syahrudin, A., Majid, A., Yuliani, L., & Qomariah, D. N. (2019). Penerapan Konsep Andragogi Oleh Tutor Kesetaraan Paket C Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Warga Belajar. Jendela Pls, 4(1), 26-30.

Downloads

Published

2020-10-24