Pendistribusian Media Pembelajaran Literasi Di SD Negeri 4 Selong
Abstract
Abstrak: Tingkat kemajuan suatu negara dilihat dari kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang diciptakan dan didikembangkan. Semakin banyak inovasi yang dikembangkan maka akan semakin berdaya saing tinggi. Negara maju dapat diukur dari penduduknya yang dapat dengan mudah menyesuaikan diri dengan kemajuan teknologi. Penyesuaian diri dengan teknologi dan segala bentuk keterbaruan dapat dilakukan dengan membaca atau literasi. Literasi sangat penting karena menjadi salah satu proses transfer ilmu dari informasi yang dibaca. Peningkatan pengembangan literasi dalam dunia pendidikan menjadi upaya bersama antara sekolah dan keluarga. Untuk mendukung keterampilan tersebut perlu diadakan dorongan membaca. Kemampuan membaca merupakan pilar pertama literasi sehingga peserta didik memahami berbagai genre teks secara komprehensif. Mereka harus aktif mendiskusikan apa yang dibaca. Hal tersebut dapat mendorong siswa untuk membuat koneksi dan berpikir kritis mengenai ide-ide yang terkandung dalam teks. Dengan kata lain peningakatan pengembangan literasi berkaitan erat dengan media pembelajaran yang digunakan, sebagai pengantar informasi dari literasi tersebut Association of Education Technology mengartikan media sebagai segala sesuatu yang dipergunakan untuk menyampaikan informasi atau pesan. Selain mempermudah penyaluran informasi dalam pelaksanaan belajar mengajar, media juga dipergunakan untuk mengurangi rasa bosan siswa ketika pembelajaran berlangsung. Seorang guru dituntut untuk dapat memotivasi siswa melalui penggunaan media, media yang menarik akan menambah motivasi siswa dalam belajar. Pengembangan literasi tersebut perlu diimbangi dengan digitalisasi teknologi. Dalam pembelajaran abad 21, pendidik maupun peserta didik perlu memiliki kemampuan literasi dasar serta literasi digital.(Perdana & Suswandari, 2021).
Kata Kunci: Pelatihan 1, Distribusi 2, Media Pembelajaran 3, Literasi
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.