Pelatihan Model Pembelajaran Berbasis Pendekatan High Scope Untuk PAUD Siti Khadijah Kecmatan Selong

Authors

  • Moh. Alwi Ashari
  • Najamuddin Najamuddin Universitas Hamzanwadi
  • Nur Adiyah Yuliastri Universitas Hamzanwadi
  • Abdullah Muzakar

Abstract

Memasuki dunia pendidikan anak sangat memerlukan motivasi belajar, sehingga motivasi perlu dimulai sejak masa prasekolah, tidak hanya untuk persiapan pendidikan dasar namun motivasi belajar penting dalam menentukan hasil belajar anak yang sesuai dengan tujuan belajar yang di tentukan guru. Widiasworo (2016: 16) mengatakan motivasi merupakan keseluruhan daya penggerak baik dari dalam diri maupun dari luar dengan menciptakan serangkain usaha untukĀ  menyediakan kondisi-kondisi yang menjamin kelansungan dan memberikan arah pada kegiatan sehingga tujuan itu dapat di capai. Guru sebagai komponen yang bertanggung jawab dalam proses dan misi pendidikan. Sejak awal guru harus mampu berperan sebagai pelaku pendidikan, yaitu sebagai observator, motivator, fasilitator sekaligus sebagai evaluator dalam proses pembelajaran. Efektivitas dan mutu dalam pembelajaran haruslah mencapai tujuan pendidikan sebagaimana yang telah ditetapkan. Guru sebaiknya menciptakan kegiatan pembelajaran yang menarik melalui berbagai model pembelajaran, model pembelajaran yang menarik untuk anak. Sebaiknya bukan model pembelajaran yang konvensional dan proses belajar yang orientasinya akademik akan tetapi yang membuat anak belajar dengan aktif.

Downloads

Published

2024-07-30