Pelatihan Pendidik dalam Pengembangan Media Sensory Path untuk Matematika Anak Usia Dini
Abstract
Bermain matematika bagi anak usia dini merupakan kegiatan yang dirancang untuk mengenal konsep matematika permulaan dengan cara bermain dan menyenangkan. Keseharian anak sangat dekat dengan matematika. Namun banyak yang memahami bahwa matematika hanya tentang angka, penjumlahan dan pengurangan, padahal ada banyak konsep matematika permulaan yang perlu dikenalkan kepada anak sejak dini. Perlu adanya perbaikan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak khususnya pada bidang Matematika yaitu dengan pengembangan media atau permainan kreatif berupa media Sensory Path dengan melatih kemampuan pendidik dalam mengembangkan dan mendesain media tersebut. Media yang dibuat dan dikembangkan menjadi suatu pembelajaran berbasis sensory path merupakan media yang membantu melakukan gerak tubuh motorik kasar. Stimulasi motorik kasar anak menggunakan sebuah alat permainan Edukatif berupa Sensory Path. Media ini lebih efektif karena anak merasa bebas bergerak namun terkoordinir, sehingga melalui penelitian diharapkan mampu menstimulasi perkembangan kasar khususnya keseimbangan, kelincahan dan kekuatan serta membantu pekerja social dalam pengelolaan strategi pembelajaran keterampilan motorik kasar anak.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.