Kegiatan Sharing Session Performance Art Kabupaten Lombok Timur

Hary - Murcahyanto, Riyana Rizki Yuliatin, Yuspianal Imtihan, Alwan Hafiz, Ashwan Kailani, M Ridwan Markarma

Abstract


Kegiatan program pengabdian kepada masyarakat ini berjudul” Sharing session Performance Art”  dilaksanakan oleh tim Sendratasik fakultas Bahasa Seni dan Humaniora Universitas Hamzanwadi pada awal bulan Maret 2019 sampai akhir bulan Mei 2019.Tujuandari program ini adalah untuk mewujudkan bentuk usaha yang akan disumbangkan oleh lembaga pendidikan tenaga kependidikan dalam memberikan penerangan dalam bentuk penyuluhan kepada sekolah khususnya pelajar agar dapat memelihara kesenian dan memanfaatkan teknologi pada seni pertunjukan untuk memberikan masukan yang dapat diterima oleh pelajar di sekolah  dalam perkembangan  seni pertunjukan saat ini, penggunaan metode penyampaian informasi agar para pelajar dapat menerima dan melaksanakan dengan mudah serta mewujudkan bentuk penerangan dan penyuluhan yang sesuai kepada para pelajar sehingga diharapkan mereka dapat mengerti tentang pentingnya seni pertunjukan dan mengembangkan dengan teknologi secara benar.Untuk mencapai tujuan tersebut, maka dalam program PKM ini dilakukan kegiatan pendampingan kesekolah yanag sebelumnya sudah ditentukan. Jumlah sekolah atau mitra dalam proses pendampingan yang dilakukan adalah tiga sekolah, diantaranya adalah SMA 2 MASBAGIK, SMA 1 SUKAMULIA, dan SMA 1 SIKUR. Hasil akhir yang diharapkan pada program ini disamping adanya hubungan kerjasama diantara sekolah atau mitra yang ditentukan diharapkan juga dapat meningkatkan pemahaman serta kemampuan siswa dan siswi terhadap pertunjukan dalam bidang seni yang dilakukan.


Keywords


Session Sharing, Performanc,e Art

Full Text:

PDF

References


Afrianto, D. T. (2014). Teater Garasi Seni Rupa Media Naratif Peristiwa Teater †œWaktu Batuâ€. Brikolase: Jurnal Kajian Teori, Praktik Dan Wacana Seni Budaya Rupa, 6(1).

Arifin, S. (2017). ANALISIS TEKNIK PELATIHAN AKTOR VIA NEGATIVA JERZY GROTOWSKI PADA NASKAH ALJABAR KARYA ZAK SORGA. Solah, 7(1).

Hidayatullah, R., & Pertunjukan, P. P. S. (n.d.). PENDIDIKAN SENI SEBAGAI PENDIDIKAN ESTETIS.

Indriani, D. (2001). Opera Theater Anak di Yogyakarta Dengan Penekanan Pada Citra Bangunan yang Berdasarkan Fantasi Anak.

Iswantara, N., Soemanto, C. S., Haryono, T., & Simatupang, L. L. (2012). Proses Kreatif Teater Garasi Yogyakarta Dalam Lakon Waktu Batu. Resital: Jurnal Seni Pertunjukan (Journal of Performing Arts), 13(2).

Julia, J. (2017). Pendidikan Musik: Permasalahan dan Pembelajarannya. UPI Sumedang Press.

Ni Made, R. (2010). Transformasi Seni Pertunjukan Bali Menjadi sebuah Industri Kreatif. ISI Denpasar.

Nita, C. I. R. (2006). Bentuk dan Fungsi Pertunjukan Jathilan dalam Upacara Ritual Kirab Pusaka pada Masyarakat Kampung Tidar Warung Kelurahan Tidar Magelang. Universitas Negeri Semarang.

Parta, I. W. S., Yustiono, Y., & Damayanti, N. Y. (2013). Kajian Karya-Karya I Nyoman Erawan, antara Tradisi dan Modernitas. Journal of Visual Art and Design, 5(2), 135–154.

Pradipta, B. W., & Damajanti, I. (n.d.). Kajian Karya Seni Performans Melati Suryodarmo. Visual Art, 2(1), 180012.

Prayhogi, I. (2016). Penciptaan Video Musik dengan Materi Performance Art. Jurnal Seni Rupa, 4(2).

Purnomo, H., & Subari, L. (2019). Manajemen Produksi Pergelaran: Peranan Leadership dalam Komunitas Seni Pertunjukan. JURNAL SATWIKA, 3(2), 111–124.

Sakti, F. N. (2019). Seni Dalam Media Komunikasi di Era Kontemporer Reinversi Nilai-Nilai Etis dan Estetis Untuk Pengembangan Paradigma Baru Pendidikan Seni Rupa Dan Desain Berbasis Budaya Visual Nusantara. Seminar Nasional Seni Dan Desain 2019, 173–175.

Saputra, A. Y. (2011). Ekspresi pecinta pertunjukkan musik dangdut dalam karya seni patung.


Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JURNAL ABDI POPULIKA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.