Workshop Penyusunan Perangkat Pembelajaran Daring dan Luring MI NW Pancor Kopong

Authors

  • Muh. Yazid Universitas Hamzanwadi
  • Saprudin Jauhari Universitas Hamzanwadi
  • Baiq Fitri Rahmawati Pendidikan Sejarah Universitas Hamzanwadi

Keywords:

workshop, perangkat Pembelajaran, daring, luring

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk 1) mendampingi guru dalam menyusun atau membuat perangkat pembelajaran di masa pandemic Covid-19, 2) membiasakan guru di dalam menyusun perangkat daring dan luring, 3) meningkatkan kompetensi guru pada aspek merancang, melaksanakan dan mengembangkan perangkat pembelajaran. Ketiga aspek kompetensi tersebut dirinci dalam sub-sub aspek kompetensi sebagai berikut, a) memetakan dan membuat jaringan kompetensi dasar dan indikator pembelajaran dari berbagai bidang studi, b) merancang rencana pembelajaran berbasis tema, dan c) mengembangkan perangkat pembelajaran sesuai dengan tema yang dirancang. 2) Membangun kerjasama PGSD Universitas Hamzanwadi dengan MI NW Pancor Kopong. Kegiatan pengabdian ini terdiri dari beberapa tahapan kegiatan 1) menyusun rencana kegiatan, 2) pelaksanaan kegiatan pengabdian, 3) evaluasi terhadap tindakan yang dilakukan dan 4) refleksi terhadap tindakan yang dilakukan guna perbaikan tindakan siklus pengabdian berikutnya. Pelaksanaan kegiatan pengabdian dilakukan dengan 3 tahap 1) penyajian materi, 2) pendampingan pembuatan perangkat dan 3) presentasi perserta. Adapun target kegiatan adalah guru kelas maupun guru Mata pelajaran. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa guru rata-rata antusias di dalam mengikuti pengabdian tersebut kemudian guru mampu merancang perangkat daring maupun luring yang sesuai dengan format yang diinginkan oleh pemerintah.

References

Afandi, M., & Badarudin, B. (2011). Perencanaan Pembelajaran di Sekolah: Dengan Memasukkan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Amry, Z., & Badriah, L. (2018). Pembelajaran tematik sebagai upaya meningkatkan keaktifan peserta didik. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 6(2), 254–270. https://doi.org/10.21043/elementary.v6i2.4388.

Mawardi. 2015. Desain Pengembangan Keprofesian Guru Berkelanjutan Berbasis E-Learning (Suatu Tinjauan Teoretik). RIS UKSW.

Mulyasa, Enco, 2009. Menjadi guru profesional. Cetakan Ke-8. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Maryam, Siti. 2010. Pembelajaran Kreativitas Berbahasa dalam Menulis Esai di Sekolah.

Downloads

Published

2021-01-30