Pendampingan Analisis KD Dalam Merumuskan Indikator Pencapaian Kompetensi Berbasis Tabel Taksonomi
Keywords:
Pendampingan, Analisis KD, TaksonomiAbstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk melakukan kegiatan pendampingan kepada para guru mitra untuk dalam merumuskan indicator pencapaian kompetensi berbasis taksonomi (Dimensi Pengetahuan dan Proses Kognitif). Adapun kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan melalui beberapa kegiatan yaitu: 1). Diskusi informasi pendalaman materi tentang pembelajaran tematik; 2) Diskusi informasi analisis KD dalam merumuskan indikator pencapain komptensi berbasis tabel taksonomi (dimensi pengetahuan dan proses kognitif) pada pembelajaran tematik, 3) Konsep analisis KD dalam merumuskan indikator pencapain komptensi berbasis tabel taksonomi (dimensi pengetahuan dan proses kognitif) pada pembelajaran, 4) Praktik penysunan indikator dari hasil analisis KD dalam pencapain komptensi berbasis tabel taksonomi (dimensi pengetahuan dan proses kognitif) pada pembelajaran, 5) Penerapan indikator pencapain komptensi berbasis tabel taksonomi (dimensi pengetahuan dan proses kognitif) dalam pembuatan silabus dan RPP. Adapun hasil yang dicapai dari kegiatan ini yaitu: 1) Para guru mitra bersemangat dalam pembuatan KD berbasis tabel taksonomi; 2) Para guru mitra pelaksanaan PKM sudah bisa membuat KD berbasis tabel taksonomi; 3) Para guru mitra perlu terus di damping dalam pembuatan KD berbasis tabel taksonomi secara intens dan terus menerus.
References
Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu : Teori, Praktik dan Penilaian.
Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Shoimin, Aris. 2014. Model Pembelajarna Inovaif dalam Kurikulum 2013
Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Abdul majid. 2012. Perencanaan Pembelajaran. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.
Sanjaya, Wina. 2014. kurikulum dan pembelajaran. Jakarta : kencana prenada media group.