Pelatihan Mental Aritmatika dan Brain Gym Mathematics Untuk Mengatasi Fobia Matematika Di SDN 6 dan SDN 7 Pringgasela

Fahrurozi Fahrurrozi, Abdullah Abdullah, Nila Hayati

Abstract


tujuan kegiatan PKM ini adalah untuk mengatasi fobia matematika dengan memberikan pelatihan mental aritmatika dan brain gym mathematics kepada siswa SDN 6 dan SDN 7 Pringgasela yang melibatkan mahasiswa sebagai pelatih atau instruktur. Metode yang dipakai dalam kegiatan ini adalah sosialisasi dan pelatihan, sosialisasi yang dimaksud adalah memberikan pemahaman kepada guru dan siswa tentang pentingnya mental aritmatika sebagai wadah untuk menampilkan keunikan matematika dan brain gym sebagai salah satu cara mengatasi fobia matematika. Luaran kegiatan ini adalah kemampuan kecepatan berhitung dan motivasi siswa yang meningkat dalam belajar matematika, artikel ilmiah (publikasi nasional). Hasil kegiatan yang telah dicapai antara lain video tutorial mental aritmatika, video senam brain gym mathematics yang dipragakan oleh mahasiswa, meningkatnya kemampuan kecepatan berhitung siswa dan menurunnya fobia matematika siswa ditandai dengan meningkatnya motivasi belajar siswa SDN 6 dan SDN 7 Pringgasela

Keywords


mental aritmatika, brain gym mathematics, fobia matematika

Full Text:

PDF

References


Budiningsih, C. A, 2012. Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta

Bungawali Abduh, Mohd Mokhtar Tahar. 2018. The Effectiveness of Brain Gym and Brain Training Intervention on Working Memory Performance of Student with Learning Disability.http://journal2.um.ac.id/index.php/icsar/article/download/2234/2593

Eko Budi Prasetyo. 2014. 101 trik berhitung cepat. Jakarta: Media Pusindo

Fajarudin. 2008. Humor matematika. Yogyakarta; gama Media

Gamal Komandoko. 2009. Jari-jari hitung. Yogyakarta: Citra Pustaka

Hidayati, Kurnia (2019) Pengaruh Mental Aritmatika Sempoa terhadap Kreativitas Anak di Sempoa Kreatif Ponorogo. http://repository.iainponorogo.ac.id/453/1/Mental%20Aritmatika.docx

Ismarti. 2016. Meningkatkan penguasaan konsep bilangan dengan mental aritmatika. https://www.journal.unrika.ac.id/index.php/jurnaldms/article/download/172/169

Jakarta: Kencana

Mulhamah. 2018. Phobia dalam Pembelajaran Matematika di Pendidikan Dasar.

Paul E. Dennison, & Gail E. Dennison. 1999. Dasar dan Manfaat Brain Gym,.

Paul E. Dennison, & Gail E. Dennison. 2001. Panduan Lengkap Brain Gym, Senam Otak. Jakarta: Kencana

Sessi Rewetty Rivilla dan Hadijah, “Pelaksanaan Kokurikuler Mental Aritmatika Sempoa di SDN Landasan Ulin Barat 1 Banjarbaru”, Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Volume IV, Nomor 02 (Juli, 2014), 457.

Supriyanto. 2011. 225 kesalahan yang sering terjadi dalam berhitung. Jakarta: Media Pusindo

Yeni Rachmawati dan Euis Kurniati, Strategi Pengembangan Kreativitas pada Anak (Jakarta: Kencana, 2010)


Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JURNAL ABDI POPULIKA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.