Kuliah Kerja Nyata Fase New Normal Di Dusun Teko Lauk Desa Teko Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur

Eva Nurmayani, Moh Huzaen, Nina Herlina Astuti, Paozan Azima, Rindi Arlina Selpia, Ika Riyani, Erlis Apriliana

Abstract


Mahasiswa tidak akan lepas dari jagor atau ikon mahasiswa itu sendiri, yakni, dengan meminjam sebutan dari bahasa inggris, agent of change atau agent of social control, oleh sebab itu dalam pelaksanaan kegiatan intrakulikuler mahasiswa diwajibkan melaksanakan berbagai kegiatan yang melibatkan diri mahasiswa pada lingkungan masyarakat dalam mengupayakan pelaksanaan pola hidup sehat, edukasi pencegahan dan penanganan Covid-19, dan memberikan kesadaran pada masyarakat untuk peduli dengan lingkungan dan sosial. Pelaksanaan ini dilancarkan di tempat KKN kelompok 9 berlangsung, yakni di Desa Teko Laik. Desa Teko Lauk merupakan wilayah kecil bagian dari desa Teko yang terletak di Kecematan Pringgabaya. Dalam pelaksanaan tersebut, pelaksana KKN mengajukan dan diterapkan 4 program pada desa tempat pelaksanaan, yakni: 1) pola hidup sehat, 2) pencegahan dan penenganan Covid-19, 3) penyuluhan pembuatan handsanitizer, 4) pengkuatan lembaga desa. Dari 4 program itu pelaksana mendapatkan hasil beragam dari sikap dan respon masyarakat terhadap lingkungan pada masa pandemik. Kegiatan ini dilaksanakan mulai dari tanggal 22 Juli 2020 – 22 September 2020.


Keywords


Kuliah Kerja Nyata, Fase New Normal, Teko Lauk

Full Text:

PDF

References


Al Hakim, R. R. (2021). Pencegahan penularan Covid-19 berbasis aplikasi Android sebagai implementasi kegiatan KKN tematik Covid-19 di Sokanegara Purwokerto Banyumas. Community Engagement and Emergence Journal (CEEJ), 2(1), 7-13.

Anasari, F., Suyatno, A., & Astuti, I. F. (2016). Sistem Pelaporan Terpadu Kuliah Kerja Nyata Berbasis Digital (Studi Kasus: Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Mulawarman). Informatika Mulawarman: Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, 10(1), 11-19.

Anwas, O. M. (2011). Kuliah Kerja Nyata Tematik Pos Pemberdayaan Keluarga Sebagai Model Pengabdian Masyarakat Di Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 122350.

Budiyanto, C., Nikmah, N. A., Cahyaningsih, A., & Afifah, K. Pendekatan Inovatif dalam Mengantisipasi Penyebaran COVID-19: Laporan KKN Tematik COVID-19 2020. DEDIKASI: Community Service Reports, 2(2).

Fandatiar, G., Supriyono, S., & Nugraha, F. (2015). Rancang Bangun Sistem Informasi Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pada Universitas Muria Kudus. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, 6(1), 129-136.

Nahdi, K., Ramdhani, S., Yuliatin, R. R., & Hadi, Y. A. (2020). Implementasi pembelajaran pada masa lockdown bagi lembaga PAUD di kabupaten Lombok Timur. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 177-186.

Putra, F. K. (2019). Disain Database Untuk Pengelolaan Data Kuliah Kerja Nyata (Kkn) Pada Institut Agama Islam Negeri (Iain) Batusangkar. Simtika, 2(1), 60-65.

Rangki, L., & Dalla, F. (2020). Upaya pencegahan dan penanggulangan transmisi covid 19 melalui program KKN Tematik Mahasiswa Universitas Halu Oleo. Journal of Community Engagement in Health, 3(2), 266-274.

Setiaji, K. (2010). Model Implementasi Kuliah Kerja Nyata Tematik Penuntasan Butaaksara Universitas Negeri Semarang Tahun 2008 di Kecamatan Bandar Kabupaten Batang. Lembaran Ilmu Kependidikan, 39(1).

Zakaria, Z. (2018). Modifikasi Konsep Participatory Rural Apraisal untuk Pembekalan Kuliah Kerja Nyata Mahasiswa di Jawa Barat, Indonesia. Dharmakarya, 7(1), 38-45.


Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JURNAL ABDI POPULIKA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.