Pendampingan Pengembangan Perangkat Pembelajaran Abad 21
Keywords:
pendampingan, perangkat pembelajaran, abad 21Abstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan dalam rangka mempersiapkan para guru untuk menjadi lebih profesional dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sebagai pendidik yang memiliki keahlian dalam mengintegrasikan penerapan paedagodik dan teknologi informasi komunikasi. Dimana dengan perubahan yang ada dalam dunia pendidikan menjadikan guru untuk dapat segera beradaptasi dengan kondisi perubahan tersebut. Perubahan kedepannya selalu menjadi tantangan dalam penyesuaian menerapkan proses pembelajaran dengan perubahan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin maju. Melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini, beberapa guru yang akan mengikuti kegiatan guru profesional diberikan pendampingan untuk penyusunan perangkat pembelajaran abad 21. Pendampingan ini dilakukan selama 3 hari secara daring melalui aplikasi zoom meeting dikarenakan kondisi covid 19. Metode diskusi dan praktek lebih diterapkan dalam kegiatan ini. Diskusi yang dilakukan untuk memberikan informasi sebagai bahan materi dan berbagi pengalaman terkait dengan kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru selama ini sehingga dapat diketahui permasalahan yang banyak dihadapi, sedangkan praktek dilakukan untuk menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran diantaranya RPP, bahan ajar, media pembelajaran, lembar kerja, dan alat evaluasi. Hasil kegiatan ini, guru memberikan respon baik dan antusias dalam mengikuti kegiatan pendampingan ini. Bagi mereka kegiatan ini sangat penting untuk dilakukan karena berdasarkan kemampuan dan pengalaman meraka yang masih dikategorikan rendah menjadi motivasi untuk terus menambah pengetahuan informasi dan pengalaman dalam mengembangkan perangkat pembelajaran. Dari hasil pengembangan perangkat yang sudah dihasilkan dengan beberapa proses produksi dapat menghasilkan produk yang lebih baik jika dibandingkan dengan pengembangan perangkat pembelajaran sebelum kegiatan ini dilaksanakan. Kegiatan pendampingan yang dilakukan selama 3 hari membuktikan bahwa guru-guru membutuhkan pelatihan dalam pengembangan perangkat pembelajaran dimana mereka memerlukan pendampingan pendalaman materi dan praktik secara langsung dalam pengembangan perangkat pembelajaran.
References
Andriani, Dwi Esti. 2010. Mengembangkan Profesionalitas Guru Abad 21 Melalui Program Pembimbingan Yang Efektif. Jurnal Artkel UNY: Jurnal Manajemen Pendidikan
Kennedy, Posma Sariguna Johnson., dkk. 2019. Isu Strategis Kesenjangan Pendidikan Di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Jurnal prosiding seminar nasional pendidikan FKIP: Untirta.ac.id. diakses: scholar.google.co.id
Musfah, Jejen. 2012. Peningkatan Kompetensi Guru: Melalui Pelatihan dan Sumber Belajar Teori dan Praktik. Jakarta: Prenada Media Gorup
Setiawati, Wiwik., dkk. 2019. Buku Penilaian Berorientasi Higher Order Thinking Skills. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan
Trisdiono, Harli. 2013. Strategi Pembelajaran Abad 21. Yogyakarta: Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Prov.D.I, online: lpmpjogja.kemdikbud.go.id, diakses bulan Desember 2020