Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Untuk Guru SD Di Kelurahan Kelayu Utara

Muhammad Sururuddin, Suhirman Suhirman, Aswasulasikin Aswasulasikin, Doni Septu Marsa Ibrahim, Baiq Shofa Ilhami

Abstract


kemampuan menulis merupakan sebuah kebutuhan yang harus dimiliki oleh setiap akademisi maupun praktisi pendidikan. Kemampuan menulis tersebut harus selalu diasah dan dikembangkan. Kemampuan menulis karya tulis ilmiah adalah tantangan dan juga keharusan yang harus dimiliki oleh setiap guru atau tenaga pendidik. Kemampuan menulis karya ilmiah tersebut bagi guru terutama guru Sekolah Dasar adalah suatu kegiatan yang masih sangat sedikit bahkan tidak ada sama sekali yang melakukan penulisan karya ilmiah tersebut. Berdasarkan kebutuhan yang ada dari kemampuan pelaksanaan dan meningkatkan kemampuan dalam menulis karya ilmiah bagi guru Sekolah Dasar kemudian yang mendasari proses kegiatan Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Tujuan dilakukannya program pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk membantu masyarakat, khususnya para guru yang mengalami kesulitan dalam menulis karya ilmiah sehingga menyebabkan prasyarat untuk kenaikan pangkat menjadi tertunda.kegiatan pelatihan dilakukan melalui dua tahapan, diantaranya adalah untuk hari pertama dilakukan kegiatan workshop penulisan karya ilmiah dan hari ke dua kegiatan pengkoreksian hasil dari pelatihan penulisan karya ilmiah di kabupaten Lombok Timur yang diikuti oleh guru-guru Sekolah Dasar.  Metode yang digunakan dalam kegiatan tersebut adalah dengan menggunakan sistem Pelatihan yang dimana terdapat aspek membimbing, mengarahkan, dan mengajarkan cara penulisan karya ilmiah tersebut sehingga nantinya minimal dalam proses kegiatan pelatihan tersebut nantinya dapat membuat proses kegiatan menjadi berhasil dan guru-guru Sekolah Dasar yang ada di Kecamatan Selong menjadi memiliki kemampuan dalam penulisan karya ilmiah. Dari kegiatan tersebut didapatkan hasil bahwa pengetahuan dan kemampuan guru meningkat dalam pelatihan penulisan karya ilmiah tersebut.


Keywords


Penulisan: Karya Ilmiah: Guru SD

Full Text:

PDF

References


Dwiloka, B., & Riana, R. (2012). Teknik Menulis Karya Ilmiah.

Hamzah, H., & Sahade, S. (2020). PKM Karya Tulis Ilmiah. DEDIKASI, 22(2).

Hutajulu, M., Senjayawati, E., & Minarti, E. D. (2020). PENDAMPINGAN DAN PENULISAN KARYA ILMIAH BERBANTUAN MENDELEY BAGI GURU SEKOLAH MENENGAH DI KECAMATAN PANGALENGAN. Abdimas Siliwangi, 3(1), 48-59.

Jazuli, M., Bisri, M. H., & Paranti, L. (2020). Pendampingan Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru Sekolah Menengah Pertama Di Kabupaten Semarang. Varia Humanika, 1(1), 15-20.

Prabawati, M. N., & Muslim, S. R. (2020). Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Guru Matematika Sekolah Menengah Pertama Wilayah Sukaraja Kabupaten Tasikmalaya. ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 207-212.

Pramiastuti, O., Rejeki, D. S., & Pratiwi, A. (2020). Pengenalan Dan Pelatihan Sitasi Karya Ilmiah Menggunakan Aplikasi Mendeley. JABI: Jurnal Abdimas Bhakti Indonesia, 1(1), 24-30.

Saputra, A. (2020). Memanfaatkan SINTA (Science And Technology Index) Untuk Publikasi Karya Ilmiah & Strategi Dalam Mencari Dan Memilih Jurnal Nasional Terakreditasi. Media Pustakawan, 27(1), 56-68.

Seran, W. A., Utomo, D. H., & Handoyo, B. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Outdoor Study Berbantuan Video Conferen


Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)