Pelatihan pembuatan alat peraga ipa fisika sederhana bagi guru IPA SMP di kec. Jerowaru

Khaerus Syahidi, Laxmi Zahara, Fartina Fartina, Baiq Aryani Novianti

Abstract


Program PkM ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru merancang dan mengembangkan alat praktikum IPA sederhana terintegrasi dengan potensi lingkungan sekitar. Metode yang dipakai dalam pencapaian tujuan tersebut adalah penyelenggaraan inservice berupa pelatihan  dan  pendampingan. Salah satu kegiatan untuk pendampiangan ke sekolah/Madrasah adalah dengan Pendampingan dalam pembelajaran dalam bentuk karya pengabdian dosen. Dalam pengabdian ini pengabdian yang di maksud adalah pendampingan kepada guru-guru IPA Fisika SMP se-Kecamatan Jerowaru tentang pembuatan alat-alat praktikum IPA Fisika Bentuk pendampingan tersebut adalah diadakan workshop pembuatan alat-alat praktikum IPA fisika bagi guru IPA SMP se-kecamatan Jerowaru Kab. Lombok Timur dilaksanakan di SMPN 1 Jerowaru dengan mengundang empat sekolah SMP Negeri di Kec. Jerowaru. Undanga tersebut dihadiri guru IPA Fisika dari empat sekolahan yaitu SMPN 1 Jerowaru, SMPN 2 Jerowarum SMPN 3 Jerowaru dan SMPN 4 Jerowaru. Antusiasme peserta tercermin dari banyaknya pertanyaan kepada narasumber atas berbagai masalah pembelajaran, materi, media dan eksperimen Fisika. Keingintahuan peserta karena selama ini belum pernah ada workshop, seminar, ataupun lokakarya yang mengundang guru-guru. bahkan semua peserta meminta untuk di adakan kembali pada tahun-tahun yang akan datang. Hasil dari workshop ini peserta mempunyai pemahaman baru bagaimana cara membuat dan pengadaan alat-lat praktikum Fisika dengan biaya yang sangat terjangkau, manajemen laboratorium dan pengelolaan laboratorium. Serta penggunaannya pada proses pembelajaran, sebagai media, peraga maupun untuk keperluan eksperiman.


Keywords


Pelatihan, Alat peraga IPA, Guru IPA

Full Text:

PDF

References


Anwar. (2014). Pelatihan Pembuatan Alat-Alat Praktikum Kecamatan Winong Kab Pati. Edi Daenuri Anwar, 14(1), 43–56.

Gabel, D.L.1994, Handbook of Research on Science Teaching and Learning. New York: Mc Millan Publishing Company

Kertodirekso, W. et al, 1986, penelitian Kesulitan Belajar Siswa SMAN di Kodya Bandung dalam bidang Biologi, Bandung, FPMIPA IKIP

Syahidi, K., Zahara, L., & Ariandani, N. (2019). Pendekatan Scientific Approach dalam Mengembangkan Alat Praktikum IPA Terintegrasi Lingkungan untuk Meningkatkan Keterampilan dan Kreativitas Guru IPA. Kappa Journal, 3(2), 148–155. https://doi.org/10.29408/kpj.v3i2.1638

Kuhn, Thomas S., 2002, The Structure of Scientific Revolutions: Peran Paradigma dalam Revolusi Sains, Remaja Rosdakarya, Bandung .


Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JURNAL ABDI POPULIKA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.