PENDAMPINGAN PENYUSUNAN KURIKULUM UNTUK GURU TK DI KELURAHAN SELONG
Abstract
Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk membangun kesadaran serta menumbuhkan jiwa keprofesionalan guru dalam memenuhi tugasnya sebagai pendidik serta meningkatkan kreatifitas guru dalam pengembangan ilmu pengetahuan terutama untuk menghadapi masa depan yang semakin kompleks. Metode pelaksanaan PKM ini meliputi tiga tahapan; tahap awal menentukan sasaran dari program ini yaitu guru-guru yang ada di lingkungan TK/PAUD Lombok Timur, tahap kedua menentukan waktu pelaksanaan yaitu kegiatan dan tahap ketiga prosedur pelaksanaan yang meliputi beberapa tahapan kegiatan. Tahap pertama, tim melakukan pendampingan guna membuka wawasan, memberikan pengetahuan dan penyadaran terkait dengan pentingnya penggunaan pelaksanaan KURIKULUM MERDEKA untuk di dalam proses pembelajaran. Tahap ini dilaksanakan menggunakan metode ceramah dan simulasi. Pelaksanaan pendampingan ini berlokasi di TK/PAUD Lombok Timur. Pada sesi ceramah, tim memberikan informasi tentang peran kurikulum yang begitu penting dalam proses pembelajaran. Selanjutnya nara sumber meminta langsung kepada peserta untuk mensimulasikan langsung perangkat kurikulum yang sudah mereka susun tersebut. Perangkat Kurikulum Merdeka yang sudah disimulasikan di depan para peserta kemudian diserahkan ke pihak sekolah untuk digunakan sebagaimana mestinya.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.