Pemanfaatan Barang Bekas Sebagai Alat Permainan Edukatif (APE) Bagi Anak Usia Dini

Authors

  • Fransiska Fransiska PG-PAUD STKIP Persada Khatulistiwa Sintang Kalimantan Barat
  • Adpriyadi Adpriyadi
  • Sudarto Sudarto
  • Dian Wahyuningsih

Keywords:

Alat Permainan Edukatif (APE), Barang Bekas, Anak Usia Dini

Abstract

Abstrak

Tujuan dari kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada mahasiswi PG-PAUD STKIP Persada Khatulistiwa Sintang mengenai Alat Permainan Edukatif (APE) dari barang bekas. Penggunaan media pembelajaran sangat mendukung proses pembelajaran bagi anak usia dini dan media ini bisa dibuat dari barang bekas yang ada di lingkungan sekitar tempat tinggal. Penggunaan media ini bisa lakukan melalui aktivitas bermain sehingga tujuan pembelajaran dapat tersempaikan kepada anak walaupun dengan media yang sederhana. Metode yang digunakan dalam kegiatan PkM ini adalah metode pelatihan. Pada kegiatan ini ada 3 tahap yang dilakukan yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap penilaian dan evaluasi. Peserta dari kegiatan PkM ini adalah para mahasiswi Program Studi PG-PAUD STKIP Persada Khatulistiwa Sintang yang berjumlah 37 orang. Hasil dari kegiatan PkM ini adalah bahwa melalui kegiatan pelatihan ini maka dapat memberikan informasi dan keterampilan bagi para mahasiswi PG-PAUD dan hal ini terlihat dari hasil  karya dari media Alat Permainan Edukatif (APE) dari barang bekas yang telah dibuat oleh para peserta pelatihan dan selama kegiatan ini tampak bahwa para peserta telihat antusias mengikuti kegiatan PkM ini sampai selesai.

Kata kunci: Alat Permainan Edukatif (APE), Barang Bekas, Anak Usia Dini

 

 Abstrak

The purpose of this Community Service Activity (PkM) is to provide knowledge and understanding to PG-PAUD students of STKIP Persada Khatulistiwa Sintang regarding Educational Game Tools (APE) from used goods. The use of learning media is very supportive of the learning process for early childhood and this media can be made from used goods that are in the environment around the place of residence. The use of this media can be done through play activities so that learning objectives can be conveyed to children even with simple media. The method used in this PkM activity is the training method. In this activity there are 3 stages carried out namely the planning stage, the implementation stage, the assessment and evaluation stage. Participants of this PkM activity were 37 students of the Program Study at PG-PAUD STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. The result of this PkM activity is that through this training activity it can provide information and skills for PG-PAUD students and this can be seen from the work of the Media Educational Game Tools (APE) from used goods that have been made by the trainees and during In this activity, it appears that the participants were enthusiastic about participating in this PkM activity until it was finished.

Keywords: Educational Game Tools (APE), Used Goods, Early Childhood

References

Arsana, I.Wayan, dkk. Pemanfaatan Benda-Benda Bekas Sebagai Alat Permainan Edukatif (APE) Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol. 3, No. 1, 17-29.

Ismail, Andang. (2009). Education Games. Yogyakarta: Pro-U Media.

Rahma, Dian. Penggunaan Alat Permainan Edukatif (APE) Untuk Mendukung Perkembangan Anak Usia Dini 5-6 Tahun di PAUD Al Fikri. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Untan. Vol.6, No.10, 1-10.

Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, Pasal 1 nomor 9.

Published

2021-08-31