WORKSHOP PENDIDIKAN INKLUSI (SPECIAL EDUCATION NEEDS) MI HAMZANWADI 1 PANCOR

Authors

  • Abdul Aziz Universitas Hamzanwadi
  • Dina APriana Universitas Hamzanwadi
  • Habibuddin Habibuddin Universitas Hamzanwadi
  • Dina Fadilah

Abstract

Pendidikan inklusi merupakan suatu sistem layanan pendidikan yang berupaya memenuhi kebutuhan semua peserta didik sesuai dengan keberagaman dan potensi yang dimiliki tanpa memandang adanya perbedaan pada gangguan fisik, mental, dan motorik. Peserta didik berkebutuhan khusus diberikan peluang untuk dapat dibimbing dalam pembelajaran bersama dengan peserta didik yang normal. MI Hamzanwadi 1 Pancor menjadi salah satu madrasah yang sedang merintis penyelenggaraan pendidikan inklusi. Dalam upaya merintis penyelenggaraan pendidikan inklusi ini, dibutuhkan dukungan untuk meningkatkan kompetensi dalam menguasai bentuk pembimbingan peserta didik berkebutuhan khusus. Oleh karena itu melalui kerjasama antara tim pengabdian kepada masyarakat dengan pihak MI Hamzanwadi 1 Pancor untuk mengadakan kegiatan workshop. Adapun tujuannya untuk: memberikan informasi tentang pendidikan inklusi, melatih penyusunan rencana pembelajaran, membimbing penyusunan assesmen, dan memberikan pola-pola dalam membimbing peserta didik berkebutuhan khusus. Kegiatan workshop dapat berjalan dengan lancar. Hasil pengabdian kepada masyarakat ini menunjukkan bahwa: 1) kegiatan workshop menambah pengetahuan guru tentang pendidikan inklusi, 2) guru dapat menyusun rencana pembelajaran untuk peserta didik berkebutuhan khusus, 3) guru dapat menyusun bentuk assesmen yang sederhana, dan 4) guru dapat mempelajari beberapa pola pembimbingan untuk peserta didik berkebutuhan khusus. Antusias guru dalam mengikuti kegiatan workshop menunjukkan bahwa kegiatan workshop mendapat respon positif.

References

Baihaqi, MIF., Sugiarmin, M. 2006. Memahami dan Membantu Anak ADHD. Bandung: PT. Refika Aditama

Khairunnissa, Aini. 2021. Rendahnya Mentalitas Pendidikan Inklusi. Yoursay.id. 4 Maret 2021

Reid, Gavin. 2005. Dyslexia and Inclusion; Classroom Approaches for Assesment, Teaching and Learning. London: David Fulton Publisher

Rombot, Olifia. 2017. Artikel: Pendidikan Inklusi. dipublikasikan: Binus University: Faculty of Humanities: PGSD

Tarmansyah. (2007). Inklusi Pendidikan Untuk Semua. Jakarta: Depdikn

Downloads

Published

2021-08-31