Pendampingan dan Edukasi Masyarakat tentang Hidup Sehat di Masa Pandemi Covid-19 di Kelurahan Kelayu Utara, Kec. Selong, Kab. Lombok Timur

Authors

  • Khaerus Syahidi, M.Pd (Scopus ID : 57217992760, Subject Area: Physics Education), Universitas Hamzanwadi
  • Fartina Fartina Pendidikan Fisika, Universitas Hamzanwadi
  • Laxmi Zahara Pendidikan Fisika, Universitas Hamzanwadi
  • Baiq Aryani Novianti Pendidikan Fisika, Universitas Hamzanwadi
  • Muhammad Husni Universitas Hamzanwadi

Keywords:

Pendampingan dan edukasi, Pola Hidup Sehat, Covid-19

Abstract

Penelitian Kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk : 1) Mendukung dan menguatkan program penanggulangan dan pencegahan Covid-19 yang dilakukan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah; 2) Meningkatkan kepedulian dan kesadaran masyarakat dalam percepatan pencegahan penularan mata rantai Covid-19; 3)  Mengedukasi masyarakat tentang bahaya dan cara pencegahan Covid-19 melalui berbagai media. 4) Memberikan eduksi kepada masyarakat tentang cara dalam mengolah hasil pertanian dan perikanan mereka.

Metode yang digunakan dalam mencapai tujuan tersebut adalah memberikan edukasi kepada masyarakat tentang bahanya virus Corona, memberikan pemahaman bagaimana cara melakukan pencegahan terhdap virus corona contohnya dengan menerapkan 3 M (Mengunakan masker, Mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak), serta menyemprotkan cairan disinfektan ke rumah-rumah penduduk. Membuat program senam sehat yang dilakaukan selama 1-2 kali dalam seminggu yang berlokasi di Kantor Lurah Kelayu Utara dan diikuti oleh seluruh ibu-ibu mayarakat Kelayu Utara. Pembuatan apotik hidup menggunakan polybak dengan menanam segala jenis obat-obatan herbal seperti : Jahe, Kunyit, Kumis kucing, Binahong, daun sereh, Aloe vera, daun Pandan, Temu lawak, daun sirih, dan lainnya.

Hasil dari kegiatan ini mampu memberikan edukasi kepada masyarakat tentang bagaimana menjaga lingkungan agar bersih dan sehat; memberikan edukasi kepada masyarakat tentang bahaya virus Covid-19 dan cara pencegahan penularan virus covid-19; memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pemanfaatan lahan pertanian dan jenis-jenis tanaman yang bias dijadikan sebagai obat herbal.

Author Biography

Khaerus Syahidi, M.Pd, (Scopus ID : 57217992760, Subject Area: Physics Education), Universitas Hamzanwadi

References

Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran, edisi revisi. PT Raja Grafindo Persada: Jakarta.

Keputusan Menteri Perindustrian dan Perdagangan Nomor 115/MPP/Kep/2/1998 tanggal 27 Februari 1998 tentang sembilan bahan pokok (Sembako).

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 2269/MENKES/PER/XI/2011 Tentang Pedoman Pembinaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Razi F., Yulianty V., Amani, S A., Fauzia J H. (2020). Bunga Rampai COVID-19: Buku Kesehatan Mandiri untuk Sahabat. PD Prokami: Depok.

Yurianto, Ahmad, Bambang Wibowo, K. P. (2020). PEDOMAN PENCEGAHAN DAN

PENGENDALIAN CORONAVIRUS DISEASE (COVID-19) (M. I. Listiana Azizah, Adistikah Aqmarina (ed.)).

Downloads

Published

2021-09-20